TPN menilai pernyataan Muhaddihr terkait dukungan sosial dana Pilpres putaran kedua sebagai propaganda politik.

Uncategorized186 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Juru bicara tim juara nasional Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Chico Hakim, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyayangkan pernyataan tersebut. Muhaddihr Dana pemilu presiden putaran kedua sebaiknya digunakan sebagai bantuan sosial.

“Ini bagian dari propaganda yang mengatakan bahwa satu putaran pemilu lebih baik. Padahal konstitusi dan undang-undang kita menyatakan, jika pemilu tidak mencapai 50 persen dan tidak menguasai 20 persen wilayah, maka akan diadakan dua putaran,” Chico katanya pada Selasa, 20 Februari 2024.

Chico menyebut perkataan Muhadir Effendi kurang baik. Apalagi, hal itu terungkap di antara dugaan kecurangan pemilu. Padahal, menurut Chico, aturan pemilu presiden dua putaran sudah diatur dalam undang-undang.

Artinya, menurut Chico, undang-undang dan konstitusi mengutamakan upaya mencari presiden dan wakil presiden yang benar-benar dipilih oleh rakyat. Ketentuan satu atau dua putaran diatur dalam Pasal 6A Ayat (3) UUD 1945 dan Pasal 416 UU Pemilu.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaan Pilpres 2024 dua putaran, seluruh masyarakat harus mematuhi ketentuan sesuai prinsip demokrasi, ”ujarnya.

iklan

Soal anggaran putaran kedua, Chico menyebut hal itu sudah ketentuan undang-undang. Menurutnya, bantuan sosial memang menjadi kebutuhan, namun tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan lima tahun ke depan.

Sebelumnya, Muhaddihr berharap Pilpres 2024 hanya berlangsung satu putaran. Sebab anggaran putaran kedua sebesar Rp 40 triliun akan dialokasikan pada dana sosial yang akan diberikan kepada masyarakat, ujarnya.

“Seperti yang saya katakan, kalau bisa, kita berharap satu putaran saja sudah cukup. Jadi 40 triliun rupiah itu terlalu besar, jadi kalau kita kasih beras, mungkin jurnalis di seluruh Indonesia bisa setahun tanpa mengeluarkan uang itu.” Ujarnya saat rapat penanganan gagal panen di Chemneco PMK Jakarta Pusat. Senin 19 Februari 2024.

Baca Juga  Korban kecelakaan yang tertimpa bendera partai di flyover Kuningan tidak meminta apa-apa, bingung dengan biaya pengobatan.

Pilihan Redaksi: Pernyataan Mahfud MD atas pernyataan partai yang kalah pemilu selalu dituduh melakukan kecurangan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *