Tips Menjadi Caregiver Menurut Putri Endo Warkop

Uncategorized648 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – anak perempuan Warkop EnduroHada Kusumonegoro berbagi pengalaman dan tips menjadi anggota keluarga atau caregiver yang sakit. Hada berperan penting dalam keluarga ketika ibunya, Nita, didiagnosis menderita kanker paru-paru pada 10 Agustus 2017.

“Menjadi seorang caregiver tidaklah mudah. “Tetapi masa-masa sulit ini pasti tidak akan bertahan selamanya, memberikan yang terbaik adalah satu-satunya cara,” kata Hada.

Caregiver adalah tenaga profesional yang mendampingi orang yang sebagian atau seluruhnya tidak mampu merawat dirinya sendiri karena keterbatasan fisik atau mental. Namun kini maknanya telah berubah dan sering dikaitkan dengan anggota keluarga atau orang terdekat lainnya yang merawat anggota keluarga.

Sebagaimana dimaksud Hada KusumonegoroMenjadi seorang caregiver tidaklah mudah. Merawat orang yang dicintai sering kali memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan Anda serta keseimbangan hidup secara keseluruhan. Hal ini dapat menyebabkan stres, kemarahan, kecemasan, dan bahkan kelelahan fisik dan mental yang parah. Orang yang merawat orang sakit seringkali merasa terisolasi dari dunia luar.

Hada Kusumonegoro. Foto: Instagram/@hada9

Mereka menghabiskan begitu banyak waktu dan tenaga untuk mengurus orang lain, bahkan seringkali tidak punya waktu untuk mengurus diri sendiri. Inilah yang dirasakan Haddam. Untuk menjadi caregiver, masyarakat harus berani mengesampingkan kebutuhannya terlebih dahulu, menahan diri untuk tidak menangis di depan orang yang membutuhkan dukungan.

iklan

“Kamu mungkin sedih, tapi jangan terlalu lama. Anda boleh menangis tetapi Anda tidak perlu tahu banyak. Berduka adalah hal yang manusiawi, namun jika aku terlalu larut dalam kesedihanku, ibuku tidak akan mendapatkan kebaikan apapun dariku. “Jadi kalau kita ingin menjadi support system yang baik, kita harus berada dalam kondisi terbaiknya,” jelas Hada.

Baca Juga  Hal ini merespons perubahan kata Komnas HAM KKB menjadi OPM

Persiapkan fisik dan mental
Mempersiapkan diri agar kuat secara fisik dan mental adalah hal terpenting yang harus dilakukan untuk menjadi yang terbaik. Pengasuh. Namun, bukan berarti pengasuh tidak punya waktu untuk dirinya sendiri. Meski hadanya singkat, luangkan waktu untuk mengungkapkan seluruh perasaan Anda, meski tidak terlihat oleh orang yang sakit atau orang lain.

“Aku memberi waktu untuk menangis. Ibuku mengidap kanker dan aku menangis sepuasnya saat pemakaman. Setelah itu aku harus menjaga orang lain, menjaga hati Papa,” kata Hada. “Nikmati sakitnya, selamat menikmati.” kesedihannya, lama kelamaan kamu akan terbiasa dan kamu bisa menjalani hidup kembali.” “

Jika Anda merasa membutuhkan bantuan, jangan sungkan untuk meminta bantuan teman atau saudara lainnya, sekadar untuk mengeluh. Hal ini penting untuk menyeimbangkan kesehatan mental dan fisik.

Pilihan Editor: Kemungkinan Perawatan untuk Penderita Demensia



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *