Tips mengelola THR cair saat ini

Uncategorized55 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Idul Fitri akan segera tiba, banyak anak muda dan pekerja yang menantikannya THR. THR merupakan tunjangan hari raya yang biasanya dibayarkan ketika hari raya tiba.

THR atau tunjangan hari raya diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016. THR ini tidak hanya diberikan pada hari raya Idul Fitri, namun juga sering diberikan pada hari-hari raya lainnya seperti Natal, Naypyidaw, Waisak, dan Tahun Baru Imlek. .

Pegawai perusahaan pasti mendapat THR. Perusahaan wajib mengeluarkan THR kepada karyawannya paling lambat 7 hari sebelum hari raya.

Nominal THR sendiri tergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja. Namun seringkali karyawan menerima jumlah nominal yang sangat besar.

Nama besar THR seringkali membuat Anda lupa diri dan menghabiskan banyak uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Meskipun kami memiliki pilihan untuk menyelamatkannya. Agar THR yang kita terima bisa diperhitungkan dalam jangka panjang, berikut beberapa tips mengelola THR hari raya.

Penghematan uang THR
Tidak harus seluruh uang THR masuk ke tabungan, tapi sisihkan sebagian untuk ditabung. Prioritaskan jika tidak ingin tabungan habis dalam sekejap.

Zakat dan sedekah
Sebagai seorang muslim, kita mengeluarkan zakat dan sedekah agar harta kita berkah. Sisihkan 2,5 persen harta Anda untuk zakat.

Batasi belanja online
Belanja online sering kali merupakan penyakit menghasilkan uang secara instan. Godaan utama berbelanja online menjelang lebaran pasti tak tertahankan karena diskon harga yang ditawarkan banyak toko.

Lunasi hutang.
Jika Anda mempunyai hutang, prioritaskan untuk melunasinya terlebih dahulu.

iklan

pencatatan biaya
Pelacakan pengeluaran membantu kita mengetahui ke mana perginya uang kita. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan prioritas dan memangkas pengeluaran yang tidak perlu.

Baca Juga  Anis dan Kak Emin bertemu keluarga saat Idul Fitri, sempat membahas sengketa pemilu presiden di Mahkamah Konstitusi

Siapkan dana darurat
Sekali lagi, alokasikan uang THR untuk dana darurat. Ini berfungsi jika terjadi sesuatu yang tidak terduga dan Anda membutuhkan banyak uang.

Investasi
Investasi bisa menjadi tabungan jangka panjang Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi apa pun di kemudian hari.

Akhmad Akbar, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM, mengatakan penting untuk menetapkan tolok ukur dalam menerima THR.

“Mulailah dengan menganggarkan dan memprioritaskan pengeluaran Idul Fitri termasuk zakat, sedekah, hadiah, pakaian, makanan, dan kegiatan lainnya. “Hal ini akan membantu menghindari pengeluaran yang berlebihan dan menjaga keuangan tetap terkendali,” kata Akbar seperti dikutip situs UGM, Jumat, 14 April 2023.

Ia kemudian menyarankan untuk berbelanja lebih dekat ke Ed untuk mendapatkan harga dan kualitas terbaik. Dengan begitu, uang THR tidak langsung hilang.

“Bandingkan harga, cari obral dan diskon bila memungkinkan,” jelasnya. Akbar juga mengatakan, hal utama yang harus diperhatikan dalam mendapatkan THR adalah tetap sederhana dan mengutamakan semangat Idul Fitri. “Dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman untuk saling memaafkan,” ujarnya.

Addinda Alia Izdihar | Dini Diah
Pilihan Editor: Pengamat Ketenagakerjaan mengatakan pelamar harus memberikan THR Ojol



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *