Taman Nasional Bukit Thigapuluh di Jambi merupakan habitat utama Orangutan Sumatera.

Uncategorized394 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Taman Nasional Bukit Thigapuluh yang terletak di Kabupaten Tebo dan Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, merupakan salah satu habitat utama. Orangutan Populasi Sumatra (Pongo abeli) kini diperkirakan mencapai ratusan ekor.

Badan Konservasi Sumber Daya Alam Negara Jambi (BKSDA) menyatakan habitat alami orangutan di Jambi berada di bentang alam Taman Nasional Bukit Tigapuluh yang sebagian besar dilepasliarkan oleh kelompok dan di luar. “Hutan diperoleh dari hasil penangkaran alam,” kata Kepala BKSDA Wilayah II Provinsi Jambi Faried di Jambi, Rabu, 8 November 2023.

Di antara ratusan orangutan yang hidup di habitat tersebut, tim lapangan menemukan 21 anak orangutan yang lahir di alam liar, ujarnya.

Saat ini BKSDA telah melepasliarkan banyak orangutan dan sekitar 204 orangutan telah didaftarkan dalam beberapa tahun terakhir, ujarnya.

Di tahun Sejak tahun 2001 hingga saat ini, BKSDA Jambi telah bekerjasama dalam introduksi orangutan di wilayah Sumatera Tengah seperti Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau melalui Taman Nasional Bukit Tigapuluh.

iklan

“Saat ini sudah lebih dari 200 orangutan yang dilepasliarkan di kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh dan proyek tersebut terus berlanjut hingga saat ini,” kata Farid.

Ia mengatakan habitat orangutan sumatera terbesar ada di kawasan tersebut. Aceh dan Sumatera Utara.

Pilihan Editor: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 127 membahas permasalahan kekerasan di sekolah, khususnya perundungan.

Selalu update informasi terbaru. Simak berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Timeline Wisatawan Tiongkok Hilang di TKN Komodo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *