Setelah meninggalkan Jumrah, jamaah haji mulai meninggalkan Mina untuk menunaikan ibadah haji terakhirnya ke Mekkah.

Uncategorized18 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Sebagian besar jamaah mulai meninggalkan tenda Mina. Arab Saudi Selasa sore, 18 Juni 2024 waktu setempat atau Rabu pagi, 19 Juni 2024. Pada hari kedua Tasirik, mereka melakukan ritual tersebut. Melempar ekornya Kepada tiga pilar yang melambangkan setan. Sambil melantunkan takbir “Allahu Akbar”, jamaah melemparkan Jumra (kerikil) ke Jamarat al-Sugra (pilar kecil), kemudian Jamarat al-Wusta (pilar tengah), dan terakhir Jamarat al-Aqaba (pilar besar) masing-masing sebanyak tujuh kali. .

Jamaah haji yang terburu-buru dapat segera meninggalkan Mina dan menuju Masjidil Haram Mekkah untuk melakukan persiapan. aktif Al-Wida’ merupakan ritual wajib mengelilingi Ka’bah. Haji terakhir. Mereka mengunjungi. Masjid Agung Sebelum berangkat ke Madinah menuju Masjid Nabawi atau kembali ke tempat penginapannya.

Jamaah yang terburu-buru diperbolehkan berangkat Mekah Selasa sebelum matahari terbenam. Jika tidak, mereka harus tetap memainkan peran tersebut di lain hari dan dapat membuang juri. berdasarkan surat kabar Saudimenjelang matahari terbenam pada hari Selasa, sebagian besar jemaah meninggalkan Mina.

Pihak berwenang Arab Saudi telah mengatur agar jamaah haji meninggalkan Mina sesuai jadwal dua hari yang telah mereka siapkan untuk menghindari kemacetan di Jembatan Jamarat dan menuju Masjidil Haram Taf Al Wida. Otoritas Transportasi Umum (TGA) telah menyediakan 2.460 bus untuk angkutan jemaah.

Para jamaah meninggalkan tenda mereka di Mina pada waktu yang dijadwalkan pada Selasa sore dan menuju kompleks Jemarat. Mereka mencapai Jemerat menggunakan kereta dan bus Mashaer, dan peziarah yang tinggal di tenda dekat Jemerat menuju ke gedung tersebut. Begitu selesai melempar hakim, para jamaah kembali ke tenda masing-masing, mengemasi barang-barangnya dan menaiki bus yang akan membawa mereka ke Mekkah. Meski ibadah haji resmi berakhir pada Rabu, hari ketiga Tasriq, namun jamaah diperbolehkan berangkat ke Mekkah sehari lebih awal.

Baca Juga  Polisi Iptu FN Bunuh Pelarian Debt Collector Polda Sumsel: Mobil Avanza Tunggak 2 Tahun

Suhu tahun ini mencapai 51,8 derajat celsius di bawah terik matahari. “Tentu saja ini adalah hal yang sangat sulit dan melelahkan. Suhunya tidak biasa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan ini sangat mempengaruhi kami,” kata Ahmed Al Baradi, seorang peziarah asal Mesir. surat kabar Saudi. Pada awal pelemparan batu putaran pertama, lebih dari 2.760 jamaah menderita sengatan matahari dan tekanan panas pada hari Minggu saja, Kementerian Kesehatan mengumumkan.

iklan

Menteri Kesehatan Saudi Fahd Al-Jelajel meminta jamaah menghindari jam sibuk antara pukul 11.00 hingga 16.00 saat melakukan upacara pelemparan batu. Disarankan untuk tidak terkena sinar matahari langsung dan menjauhi tempat yang panas. Kementerian Kesehatan melaporkan 2.764 kasus stres panas pada hari pertama Idul Adha. Aparat keamanan, tenaga medis, dan petugas pertolongan pertama hadir di Mina dan sekitarnya, terutama di jalan-jalan dan ruang terbuka, untuk mengarahkan dan membantu para jamaah. Mereka juga merawat orang-orang yang kakinya terbakar sinar matahari.

Menurut Badan Pusat Statistik (Gastat) Arab Saudi, total jumlah jamaah tahun ini lebih dari 1,8 juta orang. Jumlah tersebut mencakup lebih dari 1,6 juta warga negara dari berbagai negara, serta lebih dari 221.000 jamaah haji domestik, termasuk warga negara Saudi dan warga negara asing.

Pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan berbagai hal untuk memudahkan ibadah haji. Mereka mendistribusikan 40 juta botol air Zamzam setiap harinya. Mereka telah memasang 883 unit AC serta 4.323 unit ventilasi dan jaringan kipas kabut untuk menjamin keselamatan. Selain itu, pemerintah telah mengerahkan 2.800 relawan yang siap mendampingi jamaah haji dan memberikan bimbingan dalam 50 bahasa. Lebih dari 200 kereta listrik berukuran besar telah disiapkan untuk melayani jamaah haji dan 10.000 kursi roda untuk pelancong penyandang disabilitas.

Baca Juga  Jadwal Olimpiade Paris 2024 dan link live streaming timnas U-23 Indonesia dengan Guinea

Pilihan Editor: Arab Saudi mendistribusikan 40 juta liter air Zamzam kepada jamaah setiap hari.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *