Sekelompok pengacara dari Afrika Selatan bersiap untuk menuntut AS dan Inggris atas kejahatan perang.

Uncategorized370 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – totalnya 47 Narator Afrika Selatan sedang mempersiapkan kasus pengadilan perdata terhadap pemerintah AS dan Inggris atas dugaan keterlibatan dalam kejahatan perang Israel di Palestina. Upaya hukum ini menyusul gugatan Afrika Selatan terhadap Israel pekan lalu di Mahkamah Internasional (ICJ) atas genosida di Gaza.

Menurut kantor berita Anadolu, upaya tersebut dipimpin oleh pengacara Afrika Selatan Wikus Van Rensburg dengan kerja sama para pengacara yang diyakini memiliki hubungan dengan pengacara AS dan Inggris.

Rensberg mengatakan dia telah menulis surat ke berbagai negara dan ICJ selama beberapa minggu terakhir menuntut agar Israel dan pendukungnya diadili. Kepala firma hukum di kota Gnbarha mengatakan, dengan dukungan rekan-rekannya, persiapan untuk mengajukan tuntutan terhadap kedua negara Barat tersebut telah dimulai.

“Amerika Serikat harus bertanggung jawab atas kejahatan yang dilakukannya saat ini,” kata Rensberg kepada Anadolu dalam sebuah wawancara. Para pengacara menuduh pemerintah AS bertanggung jawab dan terlibat dalam mendukung Israel.

Kelompok pengacara tersebut telah mengajukan pemberitahuan niat untuk mengajukan gugatan terhadap pemerintah Amerika Serikat dalam konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Palestina, media Afrika Selatan SABC melaporkan. Rensburg mengaku mendapat dukungan dari beberapa pengacara saat memberi tahu orang-orang di sekitarnya tentang pengajuan gugatan tersebut.

“Banyak yang bergabung adalah Muslim, tapi saya bukan. “Mereka merasa mempunyai kewajiban untuk membantu kasus ini, tapi saya yakin apa yang terjadi tidak benar,” kata Rensburg.

Rensberg mengatakan dia didakwa melakukan genosida. Afrika Selatan Dokumen ini akan menjadi panduan dalam kasus melawan Israel melawan Amerika Serikat dan Inggris di ICJ, dan mereka akan memulai proses berdasarkan hasil kasus tersebut dan tindakan yang diambil oleh PBB.

Baca Juga  Inilah 4 jenis kecelakaan yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

Jika Afrika Selatan memenangkan persidangan ICJ, Rensburg yakin Amerika Serikat bisa saja menjatuhkan sanksi meski Amerika tidak menerima keputusan tersebut. Ia juga mengatakan, keputusan ICJ akan memperkuat dalil pemerintahan Presiden AS Joe Biden yang didakwa bersama dua menterinya. Pusat Hak Konstitusional Sebab, hal itu dianggap gagal mencegah genosida yang sedang berlangsung di Gaza.

iklan

Minggu lalu, tim Narator Dipimpin oleh Rensburg, mereka menulis surat terbuka kepada para pemimpin Amerika Serikat dan Inggris bahwa mereka tidak dapat menghindari tanggung jawab.

Anadolu Berita SBC

Pilihan Editor: Hamas mendesak Jerman untuk menarik intervensinya dalam mendukung Israel di ICJ

Ikuti berita terkini Tempo.co Di Google Berita, klik disini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *