Sejarah Dunia Saat Ini: Kita melihat kembali berdirinya Bank Dunia 78 tahun yang lalu

Uncategorized249 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Hari ini di tahun 1945 menjadi peristiwa bersejarah bagi peradaban manusia. Selain berakhirnya Perang Dunia II yang mengguncang dunia dengan konflik dan kehancuran, tahun ini juga menandai lahirnya generasi baru. Bank Dunia atau Bank Dunia.

Ini adalah lembaga keuangan yang memainkan peran penting dalam rekonstruksi dunia pascaperang.

Percikan pendirian Bank Dunia

Setelah perang dunia yang dahsyat, banyak negara mengalami kekacauan ekonomi dan sosial. Solusi besar dan berkelanjutan diperlukan untuk membantu pemulihan global.

Dengan demikian, pada Konferensi Moneter dan Keuangan Internasional yang diselenggarakan di Bretton Woods, New Hampshire, AS pada bulan Juli 1944, didirikanlah apa yang kemudian dikenal dengan nama Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (IBRD) atau Bank Dunia.

tersebut Bank Dunia.org, Konferensi tersebut dihadiri oleh 44 negara dan berlangsung selama 22 hari. Antara lain, Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) telah mencapai kesepakatan.

Tujuan didirikannya Bank Dunia adalah untuk membangun sistem kerja sama internasional yang akan membantu negara-negara pulih dari kehancuran yang mereka derita. Perang Dunia Kedua. Hal ini akan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi jangka panjang bagi negara-negara yang sedang dalam tahap pemulihan dan berkembang.

iklan

tersebut imf.org, Di tahun Di Bretton Woods pada tahun 1944, para delegasi kembali ke negaranya untuk mengadvokasi keanggotaan Bank Dunia dan IMF, yang akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan menawarkan manfaat nyata menjadi bagian dari komunitas multilateral yang lebih besar.

Pada awal Desember 1945, ada beberapa negara yang siap berjanji untuk membentuk dua lembaga Bretton Woods, IMF dan Bank Dunia. Kemudian pada tanggal 27 Desember tahun yang sama, kedua lembaga ini resmi diperkenalkan karena telah teruji oleh waktu dan merupakan pilar penting bagi pembiayaan modal internasional dan kegiatan bisnis di seluruh dunia.

Baca Juga  Biaya layanannya sekitar 100 persen dari jumlah pinjaman, kata direktur pelaksana Dhakami.

Sejak awal berdirinya, Bank Dunia telah menjadi yang terdepan dalam lembaga keuangan internasional yang memberikan pinjaman kepada negara-negara berkembang untuk proyek-proyek pembangunan.

Bank Dunia telah berpartisipasi dalam berbagai programnya di berbagai sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, pertanian, pembangunan infrastruktur hingga jalan, jembatan, dan pembangkit listrik.

Pilihan Editor: Bank Multilateral Meluncurkan Satuan Tugas ‘Disaur’ Utang Alam di COP28.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *