Puan Maharani mendukung keterwakilan perempuan 30 persen di Parlemen

Uncategorized602 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – SAYAKetua DPR RI Nyonya Maharani Ia angkat bicara mengenai kontroversi revisi Peraturan Komisi Umum Pemilihan atau nomor PKPU. Di tahun 10 Mulai tahun 2023 kuota minimal 30 persen untuk calon legislatif perempuan. Ia menyatakan, kuota minimal keterwakilan perempuan di Parlemen adalah 30 persen.

Kuota minimalnya diputuskan 30 persen, kata Puan di Kompleks Parlemen, Senin, 25 September 2023.

Ia berharap kuota tersebut segera tercapai. Ia menyatakan perempuan mempunyai kemampuan dan kemauan untuk memperjuangkan apa yang diyakininya dalam membangun negara dan pemerintahan.

Kesempatan itu pasti harus kita dukung. Perempuan dukung perempuan, dan masyarakat harus bisa memberikan keadilan kepada seluruh perempuan di Indonesia, kata Puan.

Ketua Pengurus Pusat Partai Berkuasa DP ini menambahkan, setiap orang mempunyai peluang untuk membangun bangsa.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Masariakat, kelompok sipil yang peduli terhadap keterwakilan perempuan, telah melaporkan Komisi Pemilihan Umum ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu karena tidak melaksanakan keputusan Mahkamah Agung yang mengubah Pasal 8 Peraturan 2 KPU. . 10/2023 tentang Penghitungan Keterwakilan Perempuan dalam Pemilu Legislatif.

Hal ini dinilai melanggar Pasal 245 UU Pemilu yang menyebutkan kuota caleg perempuan minimal harus 30 persen.

KPU awalnya mengatakan akan merevisi undang-undang tersebut, namun membatalkannya setelah penolakan Dewan yang kedua kali.

Kelompok sipil kemudian mengajukan peninjauan kembali ke Mahkamah Agung, yang memenangkan mereka dan memerintahkan KPU melakukan reformasi. Namun, KPU belum mematuhi keputusan pengadilan.

Han Revanda Putra

Pilihan Editor: Ketua DPR Puan Maharani: PRJ akan menggerakkan perekonomian Jakarta

klik disini Dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Liga Champions: Real Madrid vs Manchester City, Antonio Rudiger tuntaskan misinya membekap Haaland

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *