Proyek Pengembangan Bandara Komodo Tak Lagi Libatkan Swasta, Ini Penjelasan Kemenhub

Tak Berkategori289 Dilihat

Sabtu, 12 Agustus 2023 – 01:36 WIB

Jakarta – Kementerian Perhubungan melalui Pusat Pembiayaan Infrastruktur Transportasi (PPIT), telah mengubah skema kerja sama dalam pengembangan Bandara Komodo, Labuan Bajo.

Baca Juga :

Liburan ke Labuan Bajo Kini Gak Perlu Ongkos Mahal

“Di mana sekarang (skema kerjasamanya) berubah, tidak kerja sama Pemerintah dengan badan usaha (KPBU) lagi tapi Badan Layanan Umum (BLU),” kata Kepala PPIT, Siti Maimunah, dalam media briefing di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2023.

Dia memastikan, saat ini pengembangan Bandara Komodo sudah cukup pesat. Terlebih, dengan adanya sejumlah acara internasional di Labuan Bajo, Siti mengaku optimistis bahwa pengembangan yang sudah berlangsung di Bandara Komodo saat ini akan semakin mempermudah mencari investor.

Baca Juga :

Pemprov DKI Bakal Terbitkan Imbauan WFH Saat KTT ASEAN ke-43 Berlangsung

“Investor masuk tinggal ngembangin saja nantinya,” ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Kementerian Perhubungan dan Konsorsium Cardig Aero Service (CAS), pada Februari 2020 telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (MoU) pada Proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga :

Heli Malaysia Terdeteksi Masuki Wilayah Singapura, Jet Temur Diturunkan

Dengan begitu, konsorsium CAS resmi melakukan pengembangan di Bandara Komodo. Namun saat pandemi, pengembangan bandara tersebut terhenti.

Halaman Selanjutnya

Dalam kerja sama terdahulu, ruang lingkup kerja sama dengan konsorsium CAS yakni merancang, membangun, dan membiayai pembangunan fasilitas sisi darat dan udara. Selain itu juga mengoperasikan Bandara Komodo selama masa kerja 25 tahun dan memelihara seluruh infrastruktur dan fasilitas Bandara Komodo selama masa kerja sama.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *