Profil pejabat IKN Thomas Umbu Pati yang menandatangani surat pembongkaran rumah warga

Uncategorized46 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pejabat Aiken Pada Senin, 4 Maret 2024, ia mengeluarkan surat ajakan dan teguran pertama terkait pembongkaran bangunan yang menyasar warga RT 05 Pemaluan, Kalimantan Timur. . Dalam isi surat tersebut, rumah salah satu warga di RT 05 Pemaluan harus segera dibongkar karena rencana tapak kawasan pengembangan IKN tahun 2010. 29 Agustus 2023 dan 4 s/d 6 Oktober 2023 karena tidak memenuhi ketentuan. Seperti apa rupa Thomas Umbu Patti?

Sebelumnya, Thomas mengatakan, surat itu dimaksudkan untuk memperingatkan masyarakat agar tidak mendirikan bangunan tanpa izin otoritas Aiken. Otoritas IKN masih mengumpulkan identifikasi status tanah dari pemilik asli hingga pengecekan izin mendirikan bangunan. “Jadi banyak hal yang kami bongkar dan gabungkan semuanya,” kata Thomas melalui panggilan WhatsApp, Rabu, 13 Maret 2024.

Profil Thomas Umbu Patti Tena Bolodadi

Thomas berasal dari Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan lahir pada tanggal 28 September 1973. Berdasarkan laman Direktorat Jenderal (Dietgen) Pembinaan Pemerintahan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kmendagri), ia dilantik sebagai Deputi. Pengendalian Perkembangan Kewenangan IKN Kamis 13 Oktober 2022 berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 123/TPA 2022.

Sebelumnya, Thomas Umbu Pati menjabat Wakil Ketua Bidang Koordinasi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Tim Transisi IKN. Ia juga tercatat sebagai Direktur Lingkungan Hidup Perkotaan dan Batas Negara, Direktorat Jenderal Pembinaan Administrasi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Namun Thomas pertama kali memulai karir birokrasinya di Protokol Sekretariat Daerah Provinsi NTT. Jabatan ini diperoleh pada tahun 1997 setelah lulus dari Sekolah Tinggi Pemerintahan Daerah atau STPDN (sekarang Institut Pemerintahan Daerah atau IPDN).

Di tahun Saat ditanya soal terbitnya Undang-Undang Nomor 3 tentang Ibu Kota Negara (UU IKN) tahun 2022, Thomas mengaku tak bisa tidur selama 5 bulan saat undang-undang tersebut disusun. Dari awal pembahasan hingga tata cara pelaksanaannya.

Baca Juga  3 Besar Dunia: Profil Al Quds Iran, Pengusaha Gelato Tantang Biden, AS Peduli Israel

“Dan kemarin saya sangat prihatin dengan kewenangan Otoritas (IKN). Ya, itu terserah saya. Sesuai UU Nomor 3 Tahun 2022, ada peraturan eksekutif, keputusan presiden (Perpres) dan peraturan pemerintah (PP). Yah, aku punya pekerjaan dengan kekuatan khusus. “Dan sudah selesai, tinggal berkonsultasi dengan DPR,” ujarnya saat berkunjung ke Universitas Balipapan (Uniba), Kalimantan Timur, Jumat, 3 Juni 2022.

Berdasarkan catatan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Pemerintahan Secara Elektronik (e-LHKPN) di situs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Thomas untuk pertama kalinya melaporkan total kekayaannya kepada Direktur Kawasan Perkotaan dan Perbatasan Negara, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Daerah, Kementerian Dalam Negeri. Saat itu, total asetnya per 31 Desember 2019 adalah $1,6 miliar.

Lalu Thomas menyerahkannya lagi. LHKPN Sama seperti tahun lalu, yakni USD 1,6 miliar per 31 Desember 2020, asetnya meningkat menjadi Rp 2,06 miliar berdasarkan laporan yang diselesaikan pada 18 Februari 2022 dengan rincian sebagai berikut.

– Tanah dan bangunan : Rp 1.100.000.

iklan

– Alat dan Mesin Transportasi : Rp 960.000.000.

– Barang bergerak lainnya: –

– Garansi: –

Tunai dan Tunai:

– Aset lainnya:-

– Utang: –

Thomas Umbu Patti mengaku hanya memiliki sebidang tanah dan bangunan seluas 115/220 meter persegi yang terletak di Kota Tangerang. Ia pun mengisi garasinya hanya dengan dua mobil yakni Toyota Wellfire (2018) dan Honda Jazz (2017).

MELINDA DWI PUSPITA

Pilihan Editor: Polda Metro Jaya menyita 66 kg ganja untuk kemasan makanan dan minuman



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *