PPI Enschede Belanda menampilkan budaya dan masakan Indonesia di University of Twente.

Uncategorized473 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) berlangsung di Enschede, Belanda, selama Indonesia Twente Festival 2023. Acara tersebut akan berlangsung pada Kamis 23 November 2023 di University of Twente Belanda. Indonesia Twente Festival 2023 merupakan acara tahunan yang digelar mulai tahun 2022.

Festival ini bertujuan untuk mempromosikan budaya Indonesia dari tiga aspek: makanan, olahraga, dan seni. “Melalui festival ini, kalangan internasional dapat memahami dan memahami bahwa Indonesia sangat beragam budayanya,” kata Ketua Indonesia Twente Festival Ansel dalam keterangan yang diterima Tempo, Sabtu, 25 November 2023.

Ansel mengatakan, sekitar 300 mahasiswa internasional dan pengajar dari University of Twente mengikuti kegiatan ini. “Acaranya ramai pengunjung. Berbagai kegiatan kami lakukan seperti mempromosikan budaya batik dan memperkenalkan tempat-tempat indah di Indonesia melalui pameran seni,” ujarnya.

Ada tiga rangkaian acara utama untuk memajukan seni rupa di Indonesia Pameran seni, workshop dan pertunjukan batik. Pameran seni rupa adalah pameran karya seni seperti lukisan, foto, dan karya seni seperti batik, wayang dan lain-lain. Pameran ini menampilkan keberagaman tiap daerah di Indonesia.

Persatuan Pelajar Indonesia di Enschede, Belanda menyelenggarakan Indonesia Twente Festival 2023 di Universitas Twente, Belanda. Dokumen: PPI Enschede Belanda

Terdapat pula kegiatan interaktif bagi pengunjung berupa workshop membatik. Pada kegiatan ini pengunjung berkesempatan menggambar batik pada tas. Terakhir, puncak acara adalah penampilan band dan tarian tradisional Indonesia.

iklan

Tarian Tradisional Bali dari Dubhumi Tari Bali dan Seni Bela Diri dari Panch. “Pertunjukan ini diharapkan tidak hanya menghibur tetapi juga mendidik, memberikan jendela pada permadani budaya Indonesia yang beragam,” kata Ketua PPI Enschede 2023 Dimas.

Sementara itu, pelajar internasional dapat mencoba makanan tradisional Indonesia untuk mengenal masakan Indonesia. Sekitar 10-12 pedagang makanan ditempatkan di tempat tersebut menjual berbagai makanan. “Saya sedang berjualan es pisang ijo dan dalam waktu kurang dari satu jam penjualan saya habis. Saya senang bisa memperkenalkan makanan khas Indonesia kepada teman-teman saya di Belanda,” kata Rezki, salah satu tenant food festival tersebut.

Baca Juga  Daftar Juara Liga Conference setelah Olympiakos menjuarai Piala edisi 2023-2024

Selain itu ada banyak kegiatan seperti lomba makan biskuit. Lomba makan biskuit sering diadakan pada saat festival-festival Indonesia.

Pilihan Editor: Gambar seorang pria yang menyumbangkan tanah seluas 15 hektar untuk sekolah di IKN



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *