Potensi Besar RI Jadi Pelopor dan Pemimpin Carbon Capture Storage di Kawasan

Tak Berkategori197 Dilihat

Kamis, 24 Agustus 2023 – 19:48 WIB

Jakarta – Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah termasuk sumber daya karbon, yang menjadi potensi besar untuk penerapan teknologi Carbon Capture Storage (CCS). Terlebih, Indonesia juga diberkati dengan lokasi geografis dan geologi yang bagus secara strategis, serta berada di kawasan Asia Pasifik.

Baca Juga :

Makin Ekspansif, Pertamina Perkuat Kerjasama Strategis di Mozambik

Executive Director Indonesia CCS Center (ICCSC), Belladonna Troxylon Maulianda mengatakan, pihaknya juga melihat besarnya potensi yang dimiliki oleh Indonesia, untuk menjadi pelopor CCS secara regional di kawasan.

“Visi kita menjadikan Indonesia sebagai pelopor dan pemimpin CCS Hub di kawasan,” kata Belladonna dalam keterangannya, Kamis, 24 Agustus 2023.

Baca Juga :

Ini Langkah Pertamina Hadapi Tantangan Energi Global

Sebagai katalisator, Belladonna menegaskan bahwa pihaknya akan terus berkolaborasi dalam menyuarakan dan mendorong percepatan penerapan CCS di Indonesia. Namun, Dia pun mengakui bahwa penerapan CCS di Indonesia juga menghadapi sejumlah tantangan.

Baca Juga :

Inovasi Pertamina, Dukung Transisi Energi di Indonesia

Antara lain yakni berupa tata kelola dan regulasi, kerja sama komersial, fiskal yang atraktif dan bersaing, transportasi karbon, teknologi berskala industri, serta pengembangan CCS Hub di Indonesia yang menghubungkan berbagai sumber emisi ke lokasi injeksi di Indonesia.

“Kolaborasi dan komitmen aksi yang kuat dari Pemerintah Indonesia, lembaga akademik, sektor swasta, dan masyarakat, berperan penting mendorong penerapan CCS di Indonesia,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Diketahui, CCS adalah teknologi yang terbukti dapat memungkinkan beberapa sektor dengan emisi tertinggi mengurangi emisinya. Misalnya seperti industri manufaktur, pembangkit listrik, penyulingan, petrokimia, baja, dan semen, serta sangat menjanjikan dalam upaya mitigasi perubahan iklim.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *