Polda Metro menyatakan ada keadaan mendesak sehingga menghapus email Aiman ​​Witjaksono dan I.G.

Uncategorized106 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Bagian Hukum Polda Metro Jaya Kombes Leonardus Simarta menjelaskan, ada surat baru yang meminta penyitaan ponsel, email, Instagram, dan SIM Card Aman Vitjaksono.

Penjelasan itu disampaikan dalam lanjutan sidang praperadilan yang disampaikan Ayman Witjaksono di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa, 20 Februari 2024. Aiman ​​​​ditanyai soal pernyataannya yang menyebut polisi tidak netral.

Dalam persidangan, Leonardus menjelaskan, penyitaan perangkat, email, Instagram, dan kartu SIM tersebut dilakukan karena alasan mendesak.

“Dalam kasus yang mendesak, ada bukti lain yang telah kami ambil di masa lalu. Kami mohon diperbolehkan melakukan penyitaan, kata Leonardus usai sidang praperadilan Ayman di PN Jakarta Selatan, Selasa, 20 Februari 2024.

Polda menyebut Metro Jaya sudah menyelesaikan tagihan untuk Ayman. Katanya, “Kami sudah memberikan tanda terima kepada pemohon (Aiman) dan memenuhi hak pemohon.”

Usai melakukan penggerebekan, petugas Polda Metro Jaya mengidentifikasi email dan password Instagram Aiman. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan akun.

“Kami ingin alat bukti ini tetap apa adanya, artinya tidak ada yang berubah. Selama persidangan, penyidik ​​mengubah sandi untuk memastikan asal usulnya,” ujarnya.

iklan

Ditanya apakah penyidik ​​bisa membuka kunci perangkat Aiman, Leonardus mengatakan hal itu bisa dilakukan di lapangan.

Oleh karena itu, bisa disatukan hanya untuk kepentingan penyidikan. Nanti kita jadikan alat bukti di pengadilan sesuai Pasal 184 KUHP, ujarnya.

Kuasa hukum Aiman, Tama Satria Langkun, meminta agar isi email dan akun Instagram kliennya tidak diubah. “Jangan hapus apa pun, jangan ubah apa pun,” ujarnya.

Tama mengatakan berminggu-minggu telah berlalu sejak Ayman Witjacksono pertama kali menyelidiki bahwa tidak ada konten yang dihapus dari akun tersebut. “Ini merupakan itikad baik dari pihak kami,” katanya.

Baca Juga  Arsenal vs Tottenham Hotspur Pekan 6 Liga Inggris Minggu Ini yang ditunggu Mikel Arteta.

Pilihan Editor: Polda Metro menyita ponsel Amman Vitjaksson untuk melacak pelapor tentang ketidakberpihakan polisi.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *