PLN terus mengembangkan ekosistem hidrogen di Indonesia.

Uncategorized37 Dilihat

Profil Nasional – PT PLN (Persero) merupakan pionir dalam pengembangan ekosistem hidrogen di Indonesia. Pemerintah menilai penemuan ini tidak hanya akan mempercepat transisi energi, tetapi juga mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Deputi Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mehardi meyakini pengembangan hidrogen di Indonesia akan membawa manfaat signifikan bagi perekonomian.

“Indonesia berada dalam posisi yang sangat baik untuk memenuhi permintaan pasar ekspor hidrogen rendah karbon di masa depan,” kata Jodi pada Indonesia International Hydrogen Summit di Jakarta pada Rabu, 19 Juni 2024.

Dijelaskan Jodi, dalam memfasilitasi potensi hidrogen, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerbitkan Strategi Nasional Hidrogen, yang merupakan peta jalan pengembangan hidrogen di era transisi energi.

Menurutnya, perlu adanya koordinasi dan kerja sama untuk memperbaiki ekosistem hidrogen khususnya di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, diperlukan dukungan kebijakan untuk mendorong produksi hidrogen skala industri.

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menerbitkan Strategi Nasional Hidrogen yang merupakan peta jalan pengembangan hidrogen di era transisi energi.

“Upaya ini membuktikan bahwa PLN dapat mendorong kepemimpinan Indonesia di bidang ekonomi hidrogen,” kata Jodi.

Direktur Utama PLN Dharmawan Prasodojo mengatakan PLN berkomitmen penuh terhadap pengembangan hidrogen di Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen PLN untuk mendukung transisi energi di Indonesia.

iklan

“Hidrogen merupakan salah satu pilar utama untuk mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060. PLN memandang hidrogen sebagai energi masa depan untuk mendukung upaya penurunan emisi,” kata Dharmawan.

Direktur Pelaksana PLN Pembangkitan Adi Lumaxo menjelaskan, PLN membangun ekosistem. Hidrogen hijau bagaimanapun dari ujung ke ujung. PLN telah memiliki pembangkit listrik tenaga panas bumi, pembangkit listrik tenaga surya, dan 22 pembangkit listrik tenaga hidrogen hijau (GHP). Sertifikat energi terbarukan.

Baca Juga  Wisatawan bisa mendapatkan makanan dan minuman gratis dengan memungut sampah di Kopenhagen.

“Kami melihat peluang dalam aktivitas perusahaan. Kami memanfaatkannya Fasilitas yang ada Di generatornya, kami kemudian menggunakan 100 orang EBT untuk memproduksinya. Hidrogen hijaukata Adi.

Dari total 22 GHP, PLN mampu memproduksi 203 ton per tahun Hidrogen hijau. Tempat dimana 75 ton hidrogen akan digunakan untuk kebutuhan operasional pabrik. Sedangkan hidrogen sebanyak 128 ton dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan lain, termasuk kendaraan.

Tak hanya GHP, PLN juga menyediakan Hydrogen Fueling Station (HRS) atau Stasiun Pengisian Kendaraan Hidrogen yang berlokasi di kawasan Senayan, Jakarta. Diresmikan pada bulan Februari 2024, HRS menjadi HRS pertama di Indonesia.

Adi menambahkan, PLN terus melakukan pengembangan melalui kerja sama dengan berbagai entitas. Hidrogen hijau Di Indonesia.

Kami percaya bahwa Indonesia dapat menjadi pemimpin dalam penerapan teknologi energi baru yang berkelanjutan dengan beragam kemampuannya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *