Pilpres 2024 dinilai mustahil bisa bertahan lama.

Uncategorized469 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Themis Indonesia Law Firm & Dewi Justice Foundation mengkaji pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 Tidak bisa bulat karena tidak sesuai gagasan UUD 1945. Pernyataan tersebut merespons narasi belakangan ini yang menyebut pemilu presiden hanya akan dilakukan satu putaran.

Feri Amsari, perwakilan Temis Indonesia Legal Film, berpendapat UUD 1945 mengharuskan pemilihan presiden dilaksanakan dua putaran jika pemilihan presiden tidak hanya melibatkan dua pasangan calon. Pilpres 2024 tidak bisa dilaksanakan dalam satu putaran, ujarnya dalam keterangannya, Selasa, 16 Januari 2024.

Menurut Feri, Pasal 6A ayat (3) UUD 1945 memuat 3 hal penting yang harus dipenuhi dalam satu putaran saja, yakni kemenangan lebih dari 50 persen suara dalam pemilu, sekurang-kurangnya diperoleh seluruhnya. . 20 provinsi atau lebih dari separuh jumlah provinsi, dan sedikitnya 20 provinsi memperoleh 20 persen suara.

Berdasarkan ketentuan tersebut, Ferri menilai pemilihan presiden tidak dapat dilaksanakan dalam satu putaran jika diikuti lebih dari dua pasangan calon. “Saat ini yang beredar mengenai putaran adalah kebohongan publik yang tidak menyampaikan kebenaran konstitusi,” ujarnya.

Di tahun Pada Pilpres 2024, masing-masing pasangan calon sudah mengutarakan harapannya untuk memenangkan satu putaran. Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan pasangannya Anis Baseda mengincar kemenangan pada putaran pertama.

“Saya belum menyangka, belum (dengan ikut Ganjar-Mahfud), AMIN sudah menang satu putaran,” kata Muhaimin saat Gerakan Penguatan Kader dan Relawan Amin (Anies-Muhaimin) Jatim di Gedung DBL Arena, Jalan Ahmad Yani , Surabaya, Rabu 10 Januari 2023.

iklan

Sekretaris Kelompok Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid mengatakan pihaknya optimistis pasangan ini akan meraih nomor urut 02 dalam satu putaran. Jika ini terjadi, kawasan akan menghemat anggaran hingga 27 triliun dolar. Ia mengutip keterangan tertanggal Minggu 7 Januari 2024: “Uangnya kalau sudah diatur, diisi (penuh) di sini.”

Baca Juga  Alva Experience Center berlokasi di Kelapa Gading, apa saja fasilitasnya?

Sementara itu, Ketua Umum PDIP Jenderal Megawati Soekarnoputri berharap Ganjar-Mahfud bisa memenangkan putaran tersebut. Dalam pidatonya di HUT ke-51 PDIP, Megawati kembali menegaskan bahwa kekuatan partai bukan berasal dari presiden dan elite, melainkan dari rakyat atau rakyat. Ia menyatakan PDP siap memenangkan Pilpres 2024.

“Insya Allah kita akan memenangkan satu putaran. Siap?” Megawati berkata dengan suara lantang dan kadernya pun mengiyakan.

Firma Hukum Themis Indonesia dan Dewi Justice Foundation antara lain Feri Amsari, Fadili Ramadanhil, Ibnu Syamsu, Shaleh AlGiffari, Sri Afrianis, Hemi Lavour Febriandes dan Novariza.

Pilihan Editor: Mantan penyidik ​​meminta KPK mengusut temuan PPATK soal aliran uang ke 21 bendahara parpol.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *