Peruntungan Indonesia Terkena Skandal Sertifikasi Mesin Diesel Toyota, Tapi Ekspor

Uncategorized248 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan bahwa penyelidikan telah dilakukan terhadap catatan sertifikasi mesin diesel yang diproduksi oleh Toyota Industries Corporation (TICO). Mesin diesel ini digunakan pada model mobil diesel Toyota.

Salah satu model yang terdampak perbedaan sertifikasi ini adalah Toyota Fortuner yang diproduksi di Indonesia oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Namun model ini disebut-sebut belum akan dijual untuk pasar Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dirilis TMC, Toyota Fortuner produksi TMM menyasar pasar Eropa, Timur Tengah, dan Asia. Namun tidak akan dipasarkan di Indonesia.

“Ini persoalan homogenitas yang terjadi di Jepang, jadi tidak terkait dengan produk yang beredar di Indonesia. Hanya berdampak pada beberapa model ekspor karena homogenitasnya berbeda-beda,” kata Vice President TMM Bob Azam saat dihubungi. waktuSenin, 29 Januari 2024.

Bob mencatat, persoalan pelanggaran autentikasi telah berdampak pada banyak negara di luar Indonesia. Lalu, ia juga menjelaskan apakah hal tersebut berkaitan dengan tenaga kuda, torsi, atau performa mesin lainnya.

“Masalah ini tidak ada hubungannya atau mempengaruhi keselamatan kendaraan dan emisi kendaraan,” ujarnya.

Meski demikian, Bob meminta maaf atas kejadian berskala global tersebut. Meski demikian, dia menegaskan kendaraan Toyota di Indonesia tidak terkena dampak skandal sertifikasi mesin diesel.

“Kami meminta maaf kepada pelanggan dan pemangku kepentingan di Indonesia atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang ditimbulkan,” kata Bob.

Sebelumnya, Toyota Global memverifikasi ulang kendaraan yang diproduksi secara massal di pabriknya dan memastikan bahwa mesin dan kendaraan yang terkena dampak memenuhi standar skor performa mesin. Oleh karena itu, perusahaan tidak perlu berhenti menggunakan mesin atau kendaraan yang rusak.

iklan

Baca Juga  5 tanda yang menunjukkan kucing akan segera melahirkan

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Tico memutuskan untuk menghentikan sementara mesin diesel yang terkena dampak perbedaan sertifikasi tersebut. Toyota juga memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman kendaraan bermesin diesel yang terkena dampak varian ini.

Produsen mobil asal Jepang itu mengaku akan memberikan penjelasan rinci kepada pihak berwenang dan mengambil tindakan yang tepat, termasuk pemeriksaan di depan saksi jika diperlukan.

Berikut daftar 10 model mobil Toyota yang terkena skandal sertifikasi mesin diesel.

1 mesin GD

  • Land Cruiser Prado diluncurkan pada Agustus 2020 oleh TMC dan Hino Motors Limited.
  • HiAce, Greens, Bongo Brownie Van (Mazda) Desember 2017 oleh Toyota Autobody Co., Jifu Auto Body Co. (Thailand).
  • Dina dan Dutro (Hino) diproduksi oleh Hino Motors Limited pada Mei 2021.
  • Mei 2020 Hilux oleh Toyota Motor Thailand Co., Ltd., Toyota South Africa Motors (Pty) Ltd. dan diproduksi oleh Toyota Kirloskar Motor Private Limited. (India).
  • Fortune diproduksi pada Mei 2020 oleh Toyota Motor Thailand Co., Ltd., PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, dan Toyota Kirloskar Motor Private Limited. (India).

mesin 2GD

  • Hilux akan diluncurkan pada Mei 2020 oleh Toyota Motor Thailand Co., Ltd. Itu sudah selesai.
  • Innova diproduksi oleh Toyota Kirloskar Motor Pvt Ltd pada Juli 2020. (India).

mesin F33A

  • Land Cruiser 300 akan diluncurkan pada Agustus 2021 oleh Toyota Autobody Co.
  • LX500d akan diluncurkan pada Januari 2022 oleh Toyota Auto Body Co., Ltd. Mengarang.

Pilihan Editor: TMMIN Bantah Mesin Diesel Toyota di Indonesia Terkena Skandal

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Datang dan bergabunglah keanggotaan.tempo.co/komunitas Pilih grup GoOto



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *