Perjalanan Siarul Yasin Limpo: Pernah diperiksa KPK dan rumah pejabatnya digeledah.

Uncategorized433 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – KPK sedang menyelidiki dan mengumpulkan bukti-bukti terhadap Menteri Pertanian Siahrul Yasin Limpo yang dituduh melakukan korupsi. Kemarin, Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan sidak pada Kamis 28 September 2023 di rumah dinas politikus Partai Nasdem di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lantas bagaimana kelanjutan kasus Siarul Yasin Limpo? Berikut detailnya:

Materi pelajaran

14 Juni 2023, Plt. Asep Guntur Rahyu, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, mengatakan panitia antikorupsi telah membuka penyidikan dugaan korupsi Kementerian Pertanian. Berdasarkan informasi yang dihimpun Tempo, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakin akan mengusut kasus Siarul.

Komisi Pemberantasan Korupsi juga disebut akan mengajukan perkara pada 13 Juni 2023. Kesimpulan rapat sepakat menetapkan kader Partai Nasdaq sebagai tersangka. Termasuk menyetujui penetapan dua anak buah Siarul, Sekjen Kementerian Pertanian Cassidy Subagino, dan Direktur Mesin Pertanian Kementerian Pertanian Mohamed Hatta sebagai tersangka. Namun belum ada keterangan dari KPK terkait kondisi ketiga orang tersebut.

Kasus Siyahrul disebut diduga adanya penyalahgunaan laporan pertanggungjawaban, suap, gratifikasi, dan penggabungan beberapa kasus.

Juru Bicara KPK Ali Fikri berharap Siahrul mau kooperatif dan memenuhi panggilan KPK. Permintaan keterangan ini penting agar kami dapat segera melakukan analisa untuk menentukan tempat selanjutnya dalam penyidikan ini, kata Ali Fikri pada 16 Juni 2023.

Saat itu, Siahrul mengaku akan mematuhi proses hukum yang dijalankan KPK. Ia mengaku akan kooperatif meski ada pihak yang mendukung Anis Basedan sebagai calon presiden.

“Semua kendala ini akan saya atasi. Tentu kita tetap berharap dari lubuk hati yang paling dalam agar undang-undang tersebut ke depan bisa terlaksana dengan baik,” kata Siahrul.

Dia diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi.

Pada 19 Juni, Siarul memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk memberikan informasi mengenai penyidikan korupsi yang dilakukan Kementerian Pertanian. “Saya sudah menanggapi panggilan KPK yang sebelumnya dipanggil dua kali untuk kegiatan yang berkaitan dengan fungsi pemerintahan,” kata Siahrul saat itu.

Baca Juga  Bayern Munich kelebihan berat badan, kondisi Thomas Tuchel masih aman hingga laga Liga Champions melawan Arsenal

Mantan penguasa Sulawesi Selatan itu juga menyatakan kesiapannya bekerja sama dan hadir kapan pun KPK membutuhkannya. “(Saya) akan kooperatif kapanpun dibutuhkan, saya akan siap,” kata Siarul.

Faktanya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Siyarul untuk dimintai keterangan pada Jumat, 16 Juni 2023. Namun Siyarul tak hadir karena sedang dalam perjalanan dinas menghadiri acara G20 di India.

iklan

Usai ke India, Syahrul berencana melanjutkan kunjungannya ke China dan Korea Selatan terkait modernisasi pertanian dan kerja sama pasar ekspor pertanian, karena Syahrul sudah meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusutnya pada 27 Juni 2023. Fasilitas. Namun permintaan tersebut ditolak.

Dalam proses penyidikan kasus korupsi di Kementerian Pertanian, KPK telah meminta keterangan kepada 49 pejabat dan pegawai negeri sipil di Kementerian. Komisi Pemberantasan Korupsi juga menganalisis pernyataan berbagai pihak dan mengumpulkan berbagai bukti.

Berdasarkan analisis tersebut, jika ditemukan tindak pidana dan seseorang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, maka komisi antirasuah akan segera meningkatkan penyidikan ke tingkat penyidikan. Komisi Pemberantasan Korupsi tidak menyatakan 49 orang tersebut bisa dipanggil kembali jika diperlukan untuk penyidikan yang sedang berlangsung.

Rumah dinas pun diperiksa

KPK melakukan penggeledahan di rumah dinas Siarul. Informasi tersebut dibenarkan oleh Ali Fikri. Benar, ada (aktivitas) aktif kelompok KPK di sana, kata Ali saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, 28 September 2023.

Namun Ali tak merinci lebih lanjut apa saja yang ditemukan tim KPK dalam penggeledahan tersebut. “Kegiatan sedang berlangsung,” kata Ali.

Arif Kahyono, Humas Kementerian Pertanian, mengaku belum mengetahui informasi tersebut saat dimintai konfirmasi. Saya mendengarnya sekarang. “Saya belum dapat informasinya,” kata Arif kepada Tempo, Kamis.

Arif mengatakan, Syahrul saat ini berada di Spanyol. Menurut dia, Syarul melakukan kunjungan kerja sejak kemarin di Roma, Italia, usai menghadiri agenda Food and Agriculture Organization. Arif pun mengaku sedang mencari informasi lebih lanjut terkait pemeriksaan tersebut.

Baca Juga  Chemlinti terjemahan bahasa Jawa telah tersebar di media sosial dan sinonimnya.

MOH KHORY ALFARIZI | Ihsan Reliubun RIANI SANUSI Putri

Pilihan Editor: KPK membawa kotak dari rumah Siarul Yasin Limpo di pagi hari.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *