Peringati Kemerdekaan, Bank Mandiri Dorong Peningkatan Kesehatan di Jayapura

Tak Berkategori76 Dilihat

INFO BISNIS – Sebagai agen perubahan, Bank Mandiri berupaya terus hadir untuk negeri melalui dukungan pada aktivitas terkait perbaikan kesehatan masyarakat, terutama di wilayah 3T. Tujuannya, untuk memperkuat kualitas hidup masyarakat, sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Salah satunya melalui dukungan terhadap Program Relawan Bakti BUMN yang dilakukan serentak di 10 lokasi berbeda di seluruh Indonesia.

Relawan Bakti BUMN merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN untuk berkontribusi memberikan dampak positif kepada masyarakat, lingkungan, atau komunitas di Tanah Air. Dalam program ini, Bank Mandiri mendukung Program Pelayanan Kesehatan Papua Tanpa Batas di Distrik Muara Tami, Jayapura pada 15 – 17 Agustus 2023.

Di distrik terdepan wilayah Republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini ini, Bank Mandiri berupaya meningkatkan kualitas hidup melalui perbaikan akses kesehatan kepada 500 penduduk yang tersebar di desa Skouw Mabo, Skouw Yambe, dan Skouw Sae.

VP CSR Center Department Bank Mandiri Dadang Suryadi menyatakan, kegiatan ini mencakup pelayanan konsultasi kesehatan, pengobatan gratis, renovasi infrastruktur, pendidikan, pelatihan, dan pemberian sembako serta nutrisi kepada masyarakat.

“Sebagai BUMN, Bank Mandiri memiliki tanggung jawab yang mendalam terhadap pembangunan berkelanjutan tanah air termasuk dari aspek kesehatan dan pendidikan. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga sekitar,” ujar Dadang di Jayapura, Jumat, 18 Agustus 2023. 

Dadang menyatakan, rangkaian kegiatan ini dibuka dengan sosialisasi kepada warga Skouw Yambe, Skouw Mabo, dan Skouw Sae oleh Komunitas Papua Tanpa Batas pada Selasa, 15 Agustus 2023. Seiring dengan itu, terdapat  kegiatan pelatihan bahasa Inggris dengan memberikan hadiah kepada 100 anak TK berupa tas, buku gambar, dan botol minum, serta kepada 300 anak SD berupa tas, buku tulis, alat tulis, botol minum dan jam tangan digital.

Lalu, pada Rabu, 16 Agustus 2023, Bank Mandiri memberikan pelayanan kesehatan dengan memberikan obat gratis kepada masyarakat dari bayi hingga lansia. Selain itu, terdapat pembagian 300 paket sembako serta pembagian nutrisi di Distrik Muara Tami yang melibatkan komunitas Papua Tanpa Batas.

Kemudian, bertepatan dengan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, kegiatan dimulai dengan upacara bendera yang diikuti oleh anak-anak sekolah dasar dan seluruh instansi yang berada di Distrik Muara Tami. Rangkaian kegiatan ini semakin meriah dengan adanya pesta rakyat berupa pertandingan sepak bola, tarik tambang, hingga balap karung.

Iklan

Pada hari yang sama, Bank Mandiri tiba berkolaborasi dengan TNI Satgas Pamtas Yonif 122/TS untuk memberikan pengobatan gratis, pembagian 400 paket sembako, pembagian 70 paket sekolah dan pembagian nutrisi sebanyak 200 paket bagi anak anak kampung mosso yang terletak di Perbatasan Republik Indonesia dengan Papua Nugini.

Tidak berhenti di situ, rangkaian kegiatan ditutup dengan sharing session bersama CFO Muda dari perwakilan BUMN. Pada saat yang sama, Bank Mandiri turut membagikan 400 paket sembako untuk warga masyarakat Pos Lintas batas Negara SKOUW di Kampung Moso Papua.

Masih dalam rangkaian Program Bakti BUMN tersebut, Bank Mandiri melakukan perbaikan infrastruktur untuk warga setempat. Mulai dari kampung Skouw Mabo, Bank Mandiri memberikan bantuan sarana dan prasarana, perbaikan gedung Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), toilet, dan sumur rumah adat.

Lebih lanjut Dadang menambahkan, pihaknya turut menyediakan meja, kursi, gawang, serta 100 buku bacaan untuk sekolah dasar Skouw Mabo. Selain itu, juga dilakukan pengecatan balai pertemuan kampung dan pemberian alat kesehatan untuk Puskesmas.

Untuk Skouw Yambe, Bank Mandiri memberikan bantuan diberikan kepada sekolah dasar berupa meja, kursi, alat kesehatan Puskesmas, dan tong sampah. Sedangkan di Skouw Sae, Bank Mandiri memberikan alat kesehatan, pengecatan Tugu Tifa, dan tong sampah. Sedangkan untuk  Distrik Muara Tami, perseroan memberikan alat kesehatan untuk Puskesmas.

“Semua kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat di wilayah tersebut. Sebelumnya, program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Bank Mandiri di distrik ini telah mendapatkan penghargaan BCOMMS tahun 2022 di bidang kesehatan, ini menegaskan komitmen dan prestasi Bank Mandiri dalam mendukung pelayanan kesehatan di Papua,” ucap Dadang.

Bank Mandiri berharap dengan pengoptimalan pelayanan puskesmas ini, pelayanan kesehatan bisa semakin meningkat dengan adanya rekam medis warga. Sebab, selama ini setiap pengobatan yang terjadi belum terekam.(*)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *