Penutupan PPSMB UGM 2023, Jokowi Sapa Mahasiswa Baru

Tak Berkategori274 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Universitas Gadjah Mada atau UGM telah menyelesaikan rangkaian acara Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) bertajuk PPSMB Pionir Gadjah Mada 2023 pada Sabtu, 5 Agustus 2023. PPSMB tahun ini pun kembali ditutup dengan pembentukan rangkaian formasi yang telah menjadi salah satu ciri khas gelaran penerimaan mahasiswa baru itu serta pidato dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pada acara penutupan itu, para mahasiswa baru berbaris membentuk sepuluh formasi secara berurutan diawali dengan gambar bertuliskan tema PPSMB “Inisiatif Gadjah Mada, Akselerasi Peradaban Bangsa”. Formasi diakhiri dengan gambar Patih Gadjah Mada beserta tulisan “Pionir Gadjah Mada”.

Para peserta dan panitia PPSMB juga menampilkan tarian selebrasi yang menandai berakhirnya rankaian PPSMB Pionir Gadjah Mada 2023.

Jokowi menyapa 

Sebelum acara penutupan berupa penampilan formasi, Presiden Jokowi sempat tampil dalam video dan menyapa para mahasiswa baru UGM. “Selamat datang di Universitas Gadjah Mada, selamat menjadi mahasiswa baru di Universitas kebanggaan kita semua. Empat puluh tiga tahun yang lalu saya diterima sebagai mahasiswa di Universitas Gadjah Mada, suasananya jauh berbeda dengan sekarang,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berbicara tentang revolusi industri 4.0 yang telah merombak lanskap ekonomi, lanskap sosial budaya hingga lanskap politik. Di tengah kondisi ini, menurut dia, mahasiswa tidak boleh tinggal diam dan tertinggal. 

“Tidak boleh tergulung gelombang disrupsi, sebaliknya harus bisa berselancar di atas gelombang menjadi pemenang yang percaya diri,” kata Jokowi.

Jokowi pun berpesan agar para mahasiswa UGM dapat menjadi pembelajar yang kreatif dan inovatif serta adaptif dan pantang menyerah. “Menjadi mahasiswa di UGM adalah langkah awal, pintu pembuka untuk meniti masa depan. Karena itu persiapkan diri dengan baik, belajarlah dengan disiplin,” ujarnya.

Iklan

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni UGM Arie Sujito mengatakan PPSMB Pionir Gadjah Mada menjadi arena sekaligus proses awal untuk membangun optimisme mahasiswa. Penggunaan nama Pionir dipilih sebagai sebuah harapan untuk menumbuhkan inisiatif di kalangan mahasiswa.

“Para mahasiswa sebagai intelektual bangsa tentu memiliki amanah, dan itu harapan besar agar Anda dididik di UGM untuk kelak menjadi pemimpin bangsa,” kata Ari.

Ari pun menyampaikan kepada mahasiswa untuk menjadi intelektual yang tangguh sekaligus memiliki kepedulian sosial terhadap sesama mahasiswa dan terhadap masyarakat. Ia juga berharap mahasiswa memanfaatkan kesempatan dan waktu studi dengan baik untuk menjemput kesuksesan di masa depan. 

“Tantangan begitu besar, tetapi peluang anda untuk maju juga begitu besar. Banyak senior Anda sebelumnya yang menjalani kuliah dengan baik, berproses menekuni itu, akhirnya menjadi pemimpin,” kata Arie.

PPSMB UGM 2023 mengusung tema “Inisiatif Gadjah Mada, Akselerasi Peradaban Bangsa”. Rangkaian kegiatan PPSMB terdiri atas PPSMB universitas selama dua hari pada 31 Juli dan 1 Agustus, dilanjutkan dengan PPSMB Fakultas/Sekolah pada 2-3 Agustus. Selanjutnya kegiatan Soft Skills pada 4-5 Agustus. Usai acara penutupan, para mahasiswa baru masih akan mengikuti Action Plan yang akan berlangsung 7-12 Agustus.

Pilihan Editor: Cerita Basuki Hadimuljono ke Mahasiswa: di UGM Maupun di Amerika Saya Tak Pernah Bolos



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *