Penetapan MK tentang Batasan Usia Calon Presiden dan Wakil Presiden, Ini Fungsi dan Wewenang Mahkamah Konstitusi.

Uncategorized478 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaMahkamah Konstitusi Atau Mahkamah Konstitusi atas hasil gugatan usia minimal calon presiden dan calon wakil presiden hari ini Senin 16 Oktober 2023. Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), kata Mahfud MD. Bahwa Mahkamah Konstitusi tidak berwenang mengubah undang-undang, termasuk batasan usia calon presiden dan wakil presiden.

M.K Itu adalah sebuah institusi. Perundang-undangan negatif“Kami tidak boleh mengeluarkan peraturan, tapi hanya membatalkan,” kata Mahfud MD pada Senin, 25 September 2023. Selama undang-undang tersebut tidak melanggar konstitusi, menurut Mahfud, ia tidak boleh mengubah atau membatalkan. peraturan. .

“Berapa umur calon presiden dan wakil presiden yang tidak melanggar konstitusi, melanggar angka 40, dan melanggar angka 25?” “Kalau konstitusi tidak melarang atau membolehkan, itu bukan pelanggaran,” ujarnya Mahfoud MD.

Mahfoud menilai seluruh hakim Mahkamah Konstitusi memahami hal tersebut dan tidak salah mengambil keputusan. “MK sudah tahu dan relevan Kebijakan hukum terbuka “Mahkamah Konstitusi pasti tidak akan menerimanya,” kata Mahfoud.

Fungsi dan wewenang

Melaporkan dari MakriMahkamah Konstitusi merupakan lembaga peradilan independen yang menyelenggarakan peradilan untuk menjamin keadilan dan menegakkan hukum.

Mahkamah Konstitusi didirikan pada 13 Agustus 2023 dengan sistem rekrutmen berdasarkan calon Presiden, DPR, dan Mahkamah Agung. Struktur Mahkamah Konstitusi mengacu pada amandemen UUD 1945 tahun 2001. Dalam peraturan MPR (Majelis Rakyat) dikemukakan gagasan pembentukan mahkamah konstitusi.

Melaporkan dari dpr.go.idFungsi dan kewenangan Mahkamah Konstitusi diatur dalam Pasal 24 ayat (1) UUD 1945 sebagai berikut.

  1. Melaksanakan keadilan pada tingkat pertama dan terakhir dalam pengambilan keputusan akhir untuk menguji undang-undang yang bertentangan dengan UUD.
  2. Menghentikan perselisihan mengenai kewenangan lembaga pemerintah yang diberi wewenang oleh konstitusi.
  3. Memutuskan pembubaran partai politik.
  4. Penetapan konflik hasil pemilu.
Baca Juga  KAI Daops 9 Jember Proyek kepadatan penumpang tinggi akan dimulai minggu depan

iklan

Selain itu, Mahkamah Konstitusi harus mengambil keputusan berdasarkan pendapat DPR mengenai dugaan pelanggaran konstitusi yang dilakukan Presiden atau Wakil Presiden. Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7A ayat (1) sampai (5) UUD 1945, perbuatan melawan hukum seperti korupsi, makar, tindak pidana, perbuatan tercela, dan tidak memenuhi kualifikasi menjadi Presiden atau Wakil Presiden tidak lagi melanggar hukum. ) dan ditegaskan dalam Pasal 10 ayat (2).

Oleh karena itu, Mahkamah Konstitusi dibentuk untuk menjamin tidak ada produk hukum yang berada di luar cakupan UUD. Dengan demikian, hak konstitusional warga negara ditegaskan dan konstitusionalitas konstitusi tetap terjaga. Dalam proses penilaian undang-undang digunakan metode konsensus Peninjauan kembali.

Peninjauan kembali Tesnya benar (toeting rechter) diserahkan secara materiil atau formil kepada hakim atau lembaga peradilan. Hak ini digunakan untuk memeriksa kebenaran dan kelayakan produk hukum yang dihasilkan oleh lembaga legislatif, eksekutif, dan lembaga peradilan lainnya di hadapan peraturan perundang-undangan yang tingkat hierarki dan derajatnya lebih tinggi.

Fungsi dan kewenangan Mahkamah Konstitusi dalam mengadili perkara difokuskan pada peraturan hukum sebuah posteriori (pengurangan berdasarkan kenyataan dan pengalaman). Ketika diterapkan dengan benar sebuah posterioriKemudian disebut sebagai Pratinjau penilaian.

ANANDA BINTANG l ADE RIDWAN YANDWIPUTRA l NIA SELAMAT | MELINDA DWI PUSPITA

Pilihan Redaksi: Profil 9 Hakim Mahkamah Konstitusi yang Tetapkan Batasan Usia Capres dan Cawapres



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *