Pemerintah meluncurkan program makan siang gratis yang diusung Prabowo pada tahun 2011. Pada tahun 2025, anggaran memastikan Rp15 ribu per anak.

Uncategorized142 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah mengkonfirmasi program tersebut makan siang gratis Ini akan mulai berjalan pada tahun 2025. Hal itu diperkuat setelah Presiden Joko Widodo alias Jokowi membahas calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka saat rapat kabinet pada Senin 26 Februari 2024 di Acara Bendera Istana Negara Jakarta.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia membenarkan rapat kabinet kali ini juga membahas program makan siang gratis Prabowo-Gibran. “Kami membahas program-program Pak Prabowo, termasuk makan siang pertama,” ujarnya saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini.

Bahlil mengatakan, pembahasan Sidang Kerja Pemerintah (RKP) 2025 dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 hendaknya membahas program Presiden ke depan.

Terkait penghitungan suara Pilpres 2024 yang belum rampung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bahlil menilai pembahasan program makan siang gratis tidak akan mendahului KPU. Sebab, katanya, ini satu-satunya langkah yang diharapkan, sebuah simulasi dan desain.

“Itu hanya desain, hanya simulasi, tahap awal sudah bagus,” ujarnya.

Terkait Bahlil, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Erlanga Hartarto membenarkan, rapat Kabinet Presiden Jokowi sebenarnya untuk membahas program prioritas Presiden terpilih. Padahal, pemerintah sudah memiliki informasi mengenai ibu hamil, remaja, dan anak sekolah mulai dari TK, SD, dan SMP. Dengan data tersebut, Anda bisa menghitung anggaran untuk makan siang gratis tersebut.

“Jadi kita lihat (target) defisit anggaran (APBN) 2,4-2,8 persen untuk program itu. Menang cepat “Presiden terpilih berikutnya bisa mulai menjabat,” kata Erlanga.

Tak hanya itu, Erlanga mengatakan anggaran program makan siang gratis ini sekitar 15 ribu birr per anak. Jumlah tersebut di luar anggaran untuk program susu gratis.

Baca Juga  Artis Jessica Iskandar Sudah Tunjukkan Pacar dan Kakak Tersangka, Polisi Akan Bereaksi Seperti Ini

“Per anak kurang lebih Rp 15.000,” kata Erlanga.

Menurut Erlanga, anggaran tersebut berlaku merata di seluruh Indonesia. Namun, pihaknya tidak bersedia mengungkapkan kelas mana yang mendapat program makan siang dan susu gratis untuk anak-anak tersebut.

iklan

Berdasarkan dokumen visi dan misi Prabowo-Gibran, program makan siang dan susu gratis untuk anak sekolah di Indonesia menyasar lebih dari 82 juta penerima manfaat. Cakupan 100 persen program ini rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2029.

Selain itu, belum ada keterangan resmi dari Prabowo-Gibran mengenai rencana atau sebenarnya anggaran program makan siang gratis tersebut. Pernyataan tertulis Dewan Pakar Kelompok Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran pekan lalu menyebutkan, program makan siang gratis tahap pertama bisa mencapai $100-120 triliun.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pakar Kelompok Kampanye Nasional (TKN) Budiman Sudjatmiko mengatakan, program makan siang dan susu gratis ini membutuhkan beras sebanyak 6,7 juta ton, ayam 1,2 juta ton, dan daging sapi 500 ribu ton. Daging ikan 1 juta ton per tahun, berbagai kebutuhan sayur dan buah, hingga 4 juta kilometer susu sapi segar per tahun.

Untuk memenuhi kebutuhan program ini, menurut Budiman, pemerintah akan menggunakan konsep pertanian kooperatif yang mencakup industri pangan nasional. Desa ini juga diandalkan sebagai tempat pembuatan barang dan makanan untuk minum makan siang dan susu gratis.

“Dari total 74.961 desa, diperkirakan sekitar 10.000 desa dapat dilibatkan dalam produksi beras untuk memenuhi kebutuhan program ini,” kata Budiman.

Sementara itu, sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta rencana APN 2025 diperlancar. APBN diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan struktural dan fundamental.

“APBN akan terus direformasi sebagai alat utama untuk mengatasi berbagai tantangan pembangunan di Indonesia,” ujarnya. Sri MulianiSelasa, 13 Februari 2024.

Baca Juga  Menteri Perhubungan mengatakan, perpanjangan STNK memerlukan hasil uji emisi.

Raden Putri | DANIEL A FAJRI | John Maharso | di antara

Pilihan Redaksi: Hasil Pilpres Belum Resmi, Tapi Makan Siang Gratis Dibahas Jokowi, SMI: Akan Dihitung Bulan Depan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *