Pemerintah Indonesia telah menghabiskan 16 miliar dolar untuk uji coba Wolbachia

Uncategorized346 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaKementerian Kesehatan telah mengalokasikan Rp16 miliar (sekitar $1,03 juta) untuk uji coba dengan nyamuk. Wolbachia Untuk mengetahui penyebaran DBD di lima kota di Indonesia.

“Kami akan belanjakan sekitar Rp 16 miliar di lima kota,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadiki dalam rapat kerja dengan Komisioner IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) seusai November secara online. 28 Agustus 2023.

Dia juga menambahkan bahwa pemerintah di setiap kota yang menjadi sasaran uji coba ini menghabiskan $500 juta (sekitar US$32.318) untuk uji coba tersebut.

Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1341 Tahun 2022 tentang pilot project penanganan DBD dengan Webakia.

Metode kelambu termasuk dalam strategi penanganan demam berdarah yang diterapkan di lima kota: Semarang, Jakarta Barat, Bandung, Kupang, dan Bontang.

“Itu (metodenya) di Semarang, Bontang, Kupang, Jakarta Barat, masih diuji; Brung sedang persiapan,” jelasnya.

Sadikin mengatakan, lokasi uji coba tersebut dipilih karena angka kasus DBD yang relatif tinggi, yakni rata-rata di atas 10 per 100.000 penduduk.

“Pelaksanaan tes nyamuk ini dilakukan dengan menggunakan kearifan masyarakat setempat untuk memprediksi kekacauan,” imbuhnya.

Kementerian menjelaskan, pendekatan yang digunakan di Kupang, Semarang, dan Bontang mereplikasi upaya yang sudah diterapkan di Yogyakarta, yang melibatkan peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sebelum menerapkan metode ini, Ia juga mengatakan, menteri bersama tokoh masyarakat setempat telah menyebarkan informasi tersebut kepada masyarakat. Masyarakat juga telah terlibat dalam penyiapan telur nyamuk beserta penyakit kusta.

Ia juga mengatakan, masyarakat diberikan kebebasan untuk membantu memberi nama pada program Wolaita berdasarkan kearifan lokal.

Misalnya program di Semarang diberi nama WincoSelama di Kupang, dia dipanggil Rusak.

di antara

Baca Juga  Kampanye Gibran di Jakarta Utara diduga melanggar hukum, kata Diki Bawaslu yang tengah diperiksa.

Pilihan Editor: Penyebaran metode Wolbachia merupakan sebuah tantangan, kata seorang pejabat Kementerian Kesehatan

klik disini Dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *