PBB akan memeriksa jalur militer Israel untuk mendistribusikan bantuan ke Gaza utara

Uncategorized58 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPersatuan negara-negara Pada Kamis, 7 Maret 2024, ia berencana menggunakan jalur militer Israel untuk mendistribusikan bantuan kepada ratusan ribu warga sipil Palestina di utara, yang berbatasan dengan Jalur Gaza Gazakata seorang pejabat senior bantuan PBB.

PBB telah memperingatkan bahwa setidaknya 576.000 orang di Gaza – seperempat populasi Gaza – berisiko kelaparan.

Jamie McGoldrick, koordinator bantuan PBB untuk Wilayah Pendudukan Palestina, mengatakan PBB telah mendorong Israel untuk menggunakan jalan perbatasan Gaza selama berminggu-minggu dan menerima lebih banyak kerja sama dari Israel minggu lalu.

Lebih dari 112 orang tewas dan 750 orang terluka pada Kamis lalu ketika para pejabat Palestina berusaha mencapai konvoi bantuan di dekat Kota Gaza. Kebanyakan dari mereka ditembak mati oleh tentara Israel. Diketahui, sebagian besar tentara Israel yang memantau pengiriman bantuan swasta tewas dalam kerusuhan tersebut.

“Sejak kejadian minggu lalu, saya pikir Israel telah melihat dengan jelas betapa sulitnya memberikan bantuan,” kata McGoldrick kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa PBB “telah melihat lebih banyak kerja sama dari Israel karena bantuan tersebut nyata.”

Bantuan saat ini dapat mencapai Gaza dari selatan melalui penyeberangan Rafah di Mesir dan Kerem Shalom di Israel. McGoldrick mengatakan konvoi bantuan akan diperiksa di pos pemeriksaan dan kemudian dikawal melalui wilayah Israel menuju desa Biri di perbatasan Israel.

“Setelah kami memasuki Gaza, kami akan dibiarkan berjalan sendiri,” katanya, seraya menambahkan bahwa PBB akan melakukan penilaian terhadap jalan-jalan baru pada hari Kamis untuk memastikan kondisi jalan-jalan di Gaza guna memastikan tidak ada persenjataan yang tidak meledak. Untuk mengidentifikasi titik distribusi bantuan yang sesuai.

Darat VS Udara

Baca Juga  Tanaman Heru Budi merupakan pohon buah-buahan yang langka di Siganjur, jika sudah berbuah warga bebas memetiknya.

McGoldrick mengatakan rute ini akan memungkinkan konvoi bantuan mencapai Gaza utara untuk menghindari kemacetan jalan dan ketidakamanan di wilayah tersebut. Program Pangan Dunia (WFP) PBB menghentikan pengiriman ke Gaza utara pada 20 Februari karena masalah keamanan.

McGoldrick mengatakan jalur bantuan lain – pelabuhan Ashdod di Israel dan dukungan udara dari Amerika Serikat dan Yordania – “membantu, tetapi bantuan ini tidak memenuhi kebutuhan penting, yang hanya dapat dicapai melalui transportasi darat.”

iklan

Badan pengungsi Palestina PBB, UNRWA, melaporkan rata-rata sekitar 97 truk memasuki Gaza setiap hari pada bulan Februari, naik dari sekitar 150 truk pada bulan Januari – di bawah target 500 truk sehari.

Juru bicara pemerintah Israel Eilon Levy mengatakan pada hari Rabu bahwa tidak ada batasan jumlah bantuan yang dapat dikirimkan ke Gaza, dan mendesak para donor untuk “mengirimkan bantuan dan kami akan mengirimkannya.”

“Pos pemeriksaan Israel dapat memindai 44 truk dalam satu jam,” kata Levy kepada wartawan.

Masalahnya adalah distribusi. PBB sedang berjuang untuk mendistribusikan bantuan secepat yang diizinkan Israel.

Israel sedang “mengembangkan strategi baru dengan sektor swasta di Jalur Gaza untuk memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan,” katanya pada hari Rabu, ketika lebih dari selusin truk makanan melakukan perjalanan ke Gaza utara bekerja sama dengan Israel.

Perang Gaza dimulai pada 7 Oktober ketika pejuang Hamas menyerang Israel, menewaskan sekitar 1.140 orang dan menyandera 253 orang, menurut intelijen Israel. Israel telah memberlakukan “pengepungan total” di Gaza, melancarkan serangan udara dan darat yang telah menewaskan hampir 30.600 warga sipil Palestina, menurut pejabat kesehatan Gaza.

Pilihan Editor: Departemen Luar Negeri AS mengakui bahwa seorang menteri Israel telah memblokir bantuan ke Gaza

Baca Juga  Senat AS menolak bantuan tambahan kepada Israel dan Ukraina

Reuters



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *