Pakar Bicara soal Penyerangan Ani dan Ganjar terhadap Prabowo saat Debat Capres

Uncategorized383 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Calon presiden nomor 1 Anius Baswedan Dan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo Pertimbangkan untuk sering menyerang Prabowo Subianto saat debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar pada Minggu malam, 7 Januari 2024.

Debat ketiga ini akan semakin mempertegas keterkaitan calon presiden. Prabowo yang sudah memiliki jumlah pemilih relatif lebih kuat terlihat defensif. Sedangkan Anis dan Ganjar tampak kompak menyerang Prabowo demi merebut basis dukungan pemilih. kata Direktur Jenderal Lembaga Demokrasi dan Urusan Strategis Ahmad Choirul Umam di Jakarta Antara, Senin 8 Januari 2024.

Ahmed menilai Anis langsung diserang saat adu mulut Pra-seranganKhususnya pada pribadi Prabowo, Menteri Pertahanan.

Aeneas menilai dirinya menerapkan strategi Sun Tzu yang menekankan bahwa pertahanan terbaik adalah menyerang.

Ahmad, mantan Gubernur Diki Jakarta, masih terjebak dalam suasana debat capres pertama, di mana serangan Anis mendapat poin politik tinggi.

Anis, kata Ahmed, juga mengangkat isu insider yang membuka peluang terjadinya praktik korupsi dalam pengadaan senjata atau alutsista utama di Indonesia.

Namun, Anis menilai penilaian Ahmed terhadap runtuhnya lumbung pangan atau food estate yang menurutnya bisa memberi nilai politis, justru berlebihan.

“Serangan terhadap pihak oposisi dalam debat sangat penting untuk menciptakan poin-poin politik guna melegitimasi kredibilitas lawan. Namun, pada saat yang sama, jika penyerangan tersebut berlebihan, maka berpotensi menimbulkan simpati masyarakat. partai yang telah dipukul berulang kali,” kata Ahmed.

Sedangkan untuk Ganjar Pranovo, Ahmad menilai penguasa Jawa Tengah itu lebih disiplin, gaya konfliknya terukur, dan ada unsur dramatisnya.

Ganjar berpendapat bahwa visinya tentang pertahanan, keamanan, dan diplomasi ekonomi dapat memperjelas perdebatan.

Menurut Ahmed, Ganjar mampu menjelaskan argumentasinya secara gamblang kepada lawan-lawannya ketika menjelaskan kematangan perencanaan dan komitmen antikorupsi dalam implementasi kebijakan pertahanan, penguatan infrastruktur siber nasional, dan komitmennya terhadap upaya tersebut. Pembenahan kinerja ASEAN yang cenderung prosedural.

Baca Juga  Biaya UKT selama dua tahun kerjasama Pinjol Danasita, hal ini ditanggung Universitas Paramadina.

iklan

Jadi kuncinya adalah proporsionalitas serangan dengan kecepatan yang tepat, kata guru besar ilmu politik dan internasional Universitas Paramadina itu.

Sedangkan untuk Prabowo, Ahmed menilai calon presiden nomor urut 2 itu dilatarbelakangi oleh Anius. Salah satunya menyampaikan ketidakpantasan Anis saat menyinggung perilaku pimpinan dan banyaknya kritik terhadap pembela.

Meski demikian, Prabowo tampaknya masih bisa mengendalikan emosinya. Namun pada akhirnya, Prabowo kurang menjelaskan secara memadai isi dan filosofi kebijakan pertahanan-keamanan dan strategi hubungan internasional tersebut, karena harus menahan emosi dan serangan tajam.

“Namun, Prabowo mampu menampilkan kembali strategi pertahanan secara dramatis ketika ia menjelaskan penurunan kinerja militer dan pertahanan serta kebijakan pertahanan sebagai hasil yang sah dan persetujuan dari saingan politiknya,” kata Ahmed.

Secara umum, Ahmed Choirul menilai Umam Ganjar cenderung tampil cerdas, Anis ofensif dan santun, sedangkan Prabowo lebih defensif dan kurang pandai berbicara.

Tema yang dibahas dalam debat KPU di Istora Senayan adalah pertahanan, keamanan, politik luar negeri, geopolitik, dan geospasial.

Anyus sejak awal terkesan menyerang Prabowo dengan menyebut perbandingan kesejahteraan prajurit dengan kepemilikan tanah Ketua Umum Partai Gerindra. Informasi yang disampaikan Anis dibantah Prabowo.

Sementara itu, Ganjar menyerang di menit-menit terakhir saat menanyakan indeks kinerja TNI yang menurun. Tim Prabowo juga sudah mati-matian datang ke forum tersebut untuk memberikan sanggahan jika informasi yang diungkapkannya salah.

Pilihan Redaksi: Jokowi hanya tersenyum saat ditanya soal sindiran Anies terhadap Prabowo



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *