Okupansi Hotel Yogya Hampir 100 Persen Populer Liburan Nataru, Parangtritis dan Kaliurang

Uncategorized287 Dilihat

TEMPO.CO, Yogyakarta – Tingkat hunian Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau untuk hidup Saat libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru, hotel-hotel di kawasan itu terisi sekitar 98 persen atau 100 persen. Tercatat lebih dari 18.500 kamar hotel, baik bintang satu, melati, hotel, maupun residensial. Prestasi ini Pada tahun 2023, 90 persen populasi diperkirakan akan melampaui target.

Ketua PHRI DIY Dedi Pranowo Eryono pada Selasa 2 Januari 2024 mengatakan, “melampaui target, rata-rata kemarin 98 persen.”

Prestasi akomodasi hotel untuk minggu akhir tahun

DD merinci, residensi ini akan berlangsung pada 23 hingga 31 Desember 2023. Khusus hotel berbintang dan non bintang di wilayah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Suleiman. Sedangkan hotel di Kabupaten Bantul, Kulon Progo, dan Gunungkidul okupansinya maksimal 90 persen.

“Baru pada 1 Januari 2024 ketersediaan hotel akan berkurang bahkan berkurang, karena wisatawan yang membawa anak-anak berlibur harus mempersiapkan pendidikan,” kata Dedi.

Dedi menjelaskan prestasinya Nataru Ini sangat bagus. Apalagi dinamika kependudukan di tiga kabupaten yakni Bantul, Kulon Progo, dan Gunungkidul semakin meningkat berkat pembangunan resort dan hotel baru. Meski akomodasi mengalami peningkatan, Dedi menambahkan, rata-rata lama menginap wisatawan di DIY adalah dua hari atau sedikit meningkat dibandingkan tahun lalu.

“Waktu tunggu Natalnya lebih baik karena tahun lalu 1,9 (hari), tapi sekarang rata-rata 2 (hari), ada sedikit peningkatan,” ujarnya.

Angkat acara penggemar Nataru

Menurut dia, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, Yogya harus dipromosikan dengan event-event pendukung saat musim Natal. Karena selama ini dari Hotel Hanya mungkin untuk menambah event pada Natal dan Tahun Baru. “Perlu lebih banyak persiapan,” katanya.

Baca Juga  Kualifikasi Piala Dunia 2026 Timnas Indonesia: Hasil, Jadwal dan Klasemen

iklan

Saat Natal, banyak tempat wisata di DIY yang masih populer untuk dikunjungi wisatawan. Antara lain pantai Parangitis di Kabupaten Bantul dan daerah Kaliurang di lereng Merapi di Kabupaten Sleman.

Menurut Kus Karto, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Slayman, sejak 16 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024, sebanyak 765.513 wisatawan mengunjungi destinasi di Slayman. Saat itu, ada empat destinasi yang digerebek secara gencar. Yaitu Kaliurang, Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko, Wisata Gunung Berapi dan Ngarai Brexi.

“Pada 1 Januari 2024 saja, Kaliurang masih dikunjungi 12.249 wisatawan, dan Candi Prambanan serta Istana Ratu Boko dikunjungi 12.242 orang.”

Subkoordinator Kelompok Unsur Promosi Pariwisata
Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul (DISPAR), Marcus Purnomo Adi mengatakan, Pantai Parangtritis masih ramai dikunjungi wisatawan saat Natal. Misalnya saja dalam satu hari seperti hari terakhir tahun 2023 atau 31 Desember 2023 saja, sebanyak 34 ribu wisatawan mengunjungi beberapa destinasi wisata di Bantul.

“Dari 34.863 ribu wisatawan yang masuk ke Bantul pada 31 Desember 2023, sebanyak 29.643 wisatawan menuju Pantai Parangtritis,” ujarnya.

Pilihan Editor: Tarif Hotel di Batam Naik 70 Persen, Ini Alasannya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *