Minta Kapolri segera menangkap Ferli Bahuri.Abraham Samad: Kejahatan yang sangat menyedihkan.

Uncategorized101 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi mendatangi Mabes Polri atau Mabes Polri pada Jumat sore. Kapolri Listo Sigit Prabowo datang menyurati Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi agar segera ditangkap. atau KPK Perilaku berenda.

Hari ini kami mendatangi Mabes Polri dengan membawa surat yang berisi imbauan, permohonan, permohonan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia, dalam hal ini Kapolri agar secepatnya menangkap Frili Bahuri dan menyelesaikan proses hukum yang telah dilakukan. telah dimulai segera. kata mantan Komisioner KPK itu. Abraham SamadYang juga tergabung dalam koalisi, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat sore.

Abraham menilai tuduhan yang dituduhkan tersebut tidak ada gunanya. Menurut dia, jika Firley tidak segera ditangkap, bisa menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum. “Karena mengatakan itu, Friley harus ditangkap. Kesetaraan di depan hukum Tentu saja hal itu dilaksanakan. Abraham berkata, “Semua manusia sama di hadapan hukum.

Ia berharap, tidak ada persepsi di masyarakat bahwa jika terjadi kasus terhadap masyarakat biasa maka polisi segera mengusut dan menangkapnya, namun hal sebaliknya terjadi pada Firli Bahuri. Abraham mengatakan kejadian ini dapat menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Masyarakat biasa yang diperiksa polisi langsung ditangkap, tapi Firli yang menjabat Ketua KPK diberikan. Hak istimewa dan hak khusus untuk menghindari penangkapan. “Hal ini bisa mengakibatkan hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum,” ujarnya.

Abraham mengatakan kejahatan yang dituduhkan kepada Friley sangat berbahaya. Ia juga mengatakan, pencurian kekayaan yang dilakukan Farley berdasarkan Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi merupakan salah satu kejahatan paling serius. “Kejahatan korupsi tingkat tinggi dan sangat menyedihkan sehingga tersangka tidak boleh keluar rumah karena dampak sosialnya,” ujarnya.

Baca Juga  Cara beli tiket konser IU di Jakarta, harga tiketnya mulai dari Rp 1,1 juta

Peneliti Indonesia Corruption Watch Kurnia Ramadhana mengatakan surat itu dikirim karena menilai Polda Metro Jaya lamban dalam menangani kasus Ferli. Polisi menetapkan Firli Bahuri sebagai tersangka pada 22 November 2023.

Setelah 100 hari penyelidikan berlangsung, Frehley tidak pernah ditangkap. Status berkas Frili Bahuri masih di level P19. Daripada dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jakarta, perkara administrasi hukum masih bolak-balik dari Kejaksaan Tinggi Diki Jakarta ke Polda Metro Jaya, kata Kurnia.

iklan

Kurnia mengatakan ada tiga poin penting dalam surat tersebut. Pertama, mereka meminta Kapolri bertanya langsung ke Polda Metro Jaya terkait proses penyidikan. Karena tertundanya masalah tersebut, koalisi masyarakat sipil yang terdiri dari beberapa organisasi dan individu meminta Kapolri turun tangan dan bertanya, kata Kurnia.

Kedua, mereka meminta Kapolri memanggil Kapolda Metro Jaya Irjen Carioto untuk meninjau kerja Polda terkait kasus korupsi Fairley. Ketiga, mereka mendesak Kapolri memerintahkan segera penangkapan Kapolda Metro Jaya Frili Bahuri.

Perilaku berenda dua kali tidak pantas dilakukan.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Menurut Kompol Ade Safri Simanjuntak, pemanggilan kedua terhadap Firli Bahuri dilakukan pada Senin, 26 Februari 2024 pukul 10.00 di ruang ujian DTPIDKOR Bareskrim Polri. Firli akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut sebelum menyerahkan berkas perkara ke Kejaksaan Tinggi Diki Jakarta.

Dia diberikan dua surat oleh Polda Metro Jaya terkait dugaan tuduhan terhadap mantan Menteri Pertanian Siahrul Yasin Limpo. Menurut Direktur Tindak Pidana Korupsi Barescream Mabes Polri Kombes Arif Adiharsa, Farley tidak bisa memenuhi panggilan tersebut. Senin sore, 26 Februari 2024, Arif mengaku “berhalangan” saat dikonfirmasi melalui pesan singkat kepada media.

Pilihan Redaksi: Farley Bahri Lolos dari Bareskrim Polri, Teguh Santosa: Tak Hilang

Baca Juga  Usai penikaman seorang wanita di lobi Central Park Mall, hasil kunjungan pasca psikiatri pelaku disampaikan ke penyidik



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *