Meski jenis kanker Raja Charles III belum diketahui, namun Anda patut mengetahui mitos-mitos seputar kanker prostat.

Uncategorized254 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Istana Buckingham mengumumkan pada Senin 5 Februari 2024 bahwa Raja Charles III telah didiagnosis menderita kanker dan sedang menjalani perawatan. Kabar ini muncul tak lama setelah peningkatan pengobatan prostat Hingga 17 Januari 2024, jenis kanker tersebut belum diungkapkan, namun pihak Istana menyatakan kanker tersebut tidak ada hubungannya dengan pengobatan prostat.

299.010 kasus baru di Amerika Serikat Kanker prostat Hal ini diperkirakan akan terjadi pada tahun 2024, menurut American Cancer Society (ACS). Risikonya bervariasi berdasarkan banyak faktor, seperti usia, ras/etnis, dan riwayat keluarga. Jumlah kasus menurun tajam antara tahun 2007 dan 2014, namun kasus baru kembali meningkat sejak tahun 2014, meningkat rata-rata 3 persen setiap tahunnya, menurut ACS.

Penyakit ini lebih banyak terjadi pada pria lanjut usia, rata-rata berusia 67 tahun. Empat mitos umum yang dapat menyebabkan orang menunda diagnosis atau pengobatan, menurut Dr. Timothy Showalter, ahli onkologi radiasi dan kepala petugas medis di Artera, California. Berikut penjelasannya. Berita Fox Digital.

Kesalahpahaman 1: Skrining kanker prostat tidak efektif
Metode skrining kanker prostat telah berubah dalam beberapa dekade terakhir. Beberapa dokter tidak lagi menganjurkan tes darah antigen spesifik prostat (PSA) karena dianggap kurang akurat. Namun Showalter menyebutnya sebagai pilihan efektif untuk mendeteksi kanker pada tahap awal.

Mitos 2: Kanker prostat selalu terdeteksi gejalanya saat buang air kecil
“Sebagian besar kanker prostat tidak menyebabkan masalah saluran kemih, seperti sering ke kamar mandi atau sulit tidur,” jelas Showalter. Gejala saluran kemih lebih sering terjadi pada kondisi non-kanker seperti prostatitis.

iklan

Mitos 3: Kanker prostat harus segera diobati.
Showalter tergantung pada kasusnya. Tidak diperlukan pengobatan khusus kecuali masih ringan Kanker Penyakit ini sudah stadium lanjut dan agresif, artinya sudah menyebar ke bagian tubuh lain, sehingga mungkin memerlukan kombinasi pengobatan seperti pembedahan, terapi radiasi, terapi hormon, dan/atau kemoterapi.

Baca Juga  Poltexos akan segera membuka pendaftaran mahasiswa baru, melihat program studi dan jadwalnya

Mitos 4: Kehidupan seks berakhir setelah operasi kanker prostat
Showalter membantah mitos ini. Hubungan seksual dapat dilanjutkan kembali setelah operasi kanker prostat.

Pilihan Editor: Tanda dan Gejala Pertumbuhan Prostat



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *