Menjanjikan perbaikan, Mahfud Md mengatakan masih banyak terjadi jual beli jabatan ASN

Uncategorized68 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Calon wakil presiden Mahfud MD Pemilihan pejabat seperti departemen sipil pemerintah atau ASN Ada praktik jual beli posisi sehingga perlu ditata ulang. Di tahun Dia mengatakan kejadian ini terjadi setelah Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN dibubarkan pada tahun 2023 berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tentang ASN.

Nanti kita bisa mencari opsi lain, yang penting proses resmi pemilu bisa realistis dan akuntabel kepada publik. Karena sekarang ada praktik jual beli jabatan, kata Mahfud pada Rabu, 7 Februari malam. , 2024, pada acara “Tabrak Profesor” yang diselenggarakan di Posblock Jakarta.

Jual beli jabatan ini tetap terjadi apapun ASN otoritasnya. Mahfoud mengatakan, terkadang ada beberapa pihak di kementerian atau lembaga yang menjadi pengambil keputusan internal untuk merekrut ASN.

“Kalaupun ASN setuju, menteri tidak akan setuju ya. TIDAK Ya, intinya ada banyak kemitraan bahkan di tingkat kementerian. “Jadi ke depan harus diperbaiki,” kata Mahfoud.

Mahfoud menjelaskan, pengaturan ini tidak hanya terkait penentuan kewenangan, tapi juga pihak yang mengawasi netralitas ASN. Pembubaran KASN yang sebelumnya bertugas mengawasi netralitas ASN memang bertujuan baik.

iklan

Menurut Mahfoud, KASN bisa memutuskan atau memberikan rekomendasi siapa saja yang berhak menjadi pejabat eselon satu. Jika KASN menyetujuinya, Mahfud mengatakan kewenangan tersebut dianggap memenuhi syarat.

Selain itu, ia mengatakan KASN berhak menelusuri riwayat pihak-pihak yang mengajukan usulan menjadi pejabat tingkat satu, namun dalam beberapa waktu terakhir ditemukan kendala dalam praktiknya. Sebab KASN tidak memberikan izin ketika ada yang menduduki jabatan yang sama. “Ada juga pejabat yang dicopot KASN yang belakangan ini melakukan korupsi,” kata Mahfud.

Gara-gara kejadian itu, menurut Mahfud, alih-alih memperpanjang jalur birokrasi, DPR dan pemerintah sepakat membubarkan KASN.

Baca Juga  Apakah mencukur membuat rambut lebih tebal?

Pilihan Editor: Mahfoud MD Jelaskan Mengapa Koruptor Tidak Bisa Dihukum Mati



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *