Mengapa memakan sisa nasi yang tidak disimpan dengan benar dapat menyebabkan muntah dan diare?

Uncategorized427 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaBeras Kaya akan nutrisi penting untuk menyehatkan tubuh dan memberikan energi untuk menjalani hari. Namun jika Anda memakan sisa nasi yang tidak disimpan dengan benar atau tidak dipanaskan dengan benar, dapat menyebabkan sakit perut dan keracunan makanan.

Selepas menanak dan memakan nasi, sebagian orang kerap membiarkannya begitu saja. Nasi sisa Pada suhu kamar selama beberapa jam atau bahkan semalaman. Hal ini memberikan waktu bagi bakteri untuk mengkontaminasi beras dan berkembang biak.

tersebut Waktu India, Ini adalah salah satu bakteri paling umum yang ditemukan dalam beras Bacillus cereus, Bakteri pembentuk spora yang dapat tumbuh pada makanan setelah terkontaminasi. Bakteri ini menghasilkan racun yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Racun telah tercipta Bacillus cereus Pada makanan tahan panas seperti nasi. Oleh karena itu, bahkan setelah memanaskan sisa nasi sebelum dimakan, panasnya tidak membunuh bakteri dan tetap dapat menyebabkan keracunan makanan.

Cara menyimpan dan memanaskan kembali sisa nasi dengan benar

iklan

Jika nasi disimpan pada suhu 4-60 derajat Celcius selama lebih dari dua jam, bakteri dapat berkembang biak dengan cepat. Oleh karena itu, nasi sebaiknya tidak disimpan pada suhu ruangan lebih dari dua jam, dan jika suhu di atas 32 derajat Celcius tidak boleh lebih dari satu jam.

Untuk melindungi sisa nasi dari bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan, penting untuk mendinginkan nasi dalam wadah tertutup jika tidak dipanaskan. Nasi sisa bisa bertahan hingga empat hari jika disimpan di tempat dingin dan disimpan di lemari es dengan suhu di bawah 4 derajat Celcius.

Panaskan kembali sisa nasi hanya sekali agar aman digunakan. Jadi daripada memanaskan semuanya, lebih baik ambil sisa nasi yang diperlukan saja. Pastikan nasi sudah mencapai suhu internal 74 derajat Celcius.

Baca Juga  Nama Calon Gubernur di Pilkada Jakarta Masuk Bursa, Khoirudin: Saya Ingin Fokus di Legislatif.

Pilihan Editor: Manfaat makan nasi putih sisa kemarin



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *