Mengapa indra penciuman melemah seiring bertambahnya usia?

Uncategorized478 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menurunnya kemampuan Indera penciuman Ini adalah penyebab umum karena usia. Selain faktor internal, faktor eksternal juga dapat mempengaruhi indera penciuman seseorang.

tersebut kesehatan.harvard.eduKelemahan Bau Disebabkan oleh berbagai sebab, seperti perubahan struktur dan fungsi hidung serta penurunan jumlah reseptor penciuman.

Hilangnya kepekaan terhadap penciuman juga dikenal sebagai anosmia. Kemampuan mencium tergantung pada kondisi kesehatan selaput lendir pada organ hidung, terbukanya saluran hidung, dan fungsi normal saraf penciuman.

Satu atau lebih masalah dapat menyebabkan hilangnya penciuman. Penyebab paling umum adalah masalah hidung seperti polip hidung, sinus tersumbat, dan alergi musiman. Kemungkinan lainnya adalah adanya masalah pada bagian sistem saraf yang bertanggung jawab terhadap penciuman.

Salah satu penyebab utama hilangnya indra penciuman terkait usia adalah berkurangnya jumlah reseptor penciuman di hidung.

iklan

Seiring bertambahnya usia seseorang, jumlah reseptor penciuman di hidung bisa menurun sehingga mengakibatkan menurunnya kemampuan penciuman.

Melaporkan dari mioklinik, hilangnya rasa dan penciuman terjadi seiring berjalannya waktu, terutama setelah 60 tahun. Namun, ada faktor lain yang dapat menyebabkan rasa dan bau tersebut, antara lain:

  • Masalah hidung dan sinus seperti alergi, sinusitis atau polip hidung
  • Infeksi virus termasuk pilek dan flu
  • penyakit virus corona (Covid-19)
  • Obat-obatan tertentu, seperti penghambat beta dan penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE).
  • Masalah gigi
  • merokok
  • Cedera wajah atau kepala
  • Penyakit yang mempengaruhi sistem saraf pusat, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson

Selain itu, perubahan struktur Hidung Hal ini juga dapat mempengaruhi kemampuan penciuman, misalnya penyempitan saluran hidung akibat peradangan pada jaringan lunak.

Pilihan Editor: 5 Tips Memulihkan Indera Penciuman yang Rusak Akibat Covid-19



Quoted From Many Source

Baca Juga  Polda Metro menyatakan ada keadaan mendesak sehingga menghapus email Aiman ​​Witjaksono dan I.G.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *