Mahfud MD mengatakan, 3 pemerintah daerah akan membahas pencarian tempat bagi pengungsi Rohingya

Uncategorized473 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfoud MD Ia mengatakan, pemerintah terus mencari solusi untuk mengatasi permasalahan pengungsi Rohingya yang masuk ke Aceh. Dia menekankan bahwa meskipun Indonesia melanjutkan diplomasi kemanusiaannya, bantuan kepada Rohingya bersifat sementara.

Mahfud menyatakan, pemerintah pusat akan mengundang tiga pemerintah daerah untuk berunding mencari perlindungan bagi pengungsi Rohingya.

Kami masih mengundang tiga Muspida, tiga provinsi. “Riau, Aceh, dan Sumut, untuk membahas mencari tempat sementara,” kata Mahfud di Istana Negara, Jakarta, Senin, 11 Desember 2023, seusai pertemuan usai pertemuan.

Lebih dari 100 pengungsi Rohingya, termasuk perempuan dan anak-anak, mendarat di Aceh pada Sabtu, 2 Desember 2023. Pengungsi tersebut ditolak oleh warga sekitar. Kedatangan tersebut terjadi setelah lebih dari 1.000 pengungsi Rohingya mendarat di Aceh bulan lalu.

Ini adalah gelombang pengungsi. Rohingya Yang terbesar di Indonesia sejak tahun 2015, menurut Badan Pengungsi PBB (UNHCR). Selama bertahun-tahun, banyak anggota suku Muslim Rohingya – kelompok minoritas yang teraniaya di Myanmar – melarikan diri dengan perahu kayu ke Bangladesh, Malaysia, Indonesia dan Thailand.

Jokowi menyebut ada kelompok perdagangan manusia di balik pengungsi Rohingya.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Mahfud sebagai penanggung jawab penyelesaian masalah ini. Alasannya adalah seiring bertambahnya jumlah imigran, kita membutuhkan lebih banyak orang. Aceh Hal ini menimbulkan konflik sosial.

“Kami adalah diplomasi kemanusiaan, kami harus membantu orang, kami harus menyelamatkan orang. Namun di dalamnya banyak juga masyarakat Indonesia yang bertanya, Tuhan, kami juga lapar, kami juga miskin. Iya kita sama-sama paham,” kata Mahfud.

iklan

Indonesia bukan merupakan pihak dalam Konvensi Pengungsi 1951 yang mewajibkan negara-negara yang meratifikasinya untuk melindungi pengungsi di wilayah pengungsiannya sesuai dengan ketentuan konvensi. Sebanyak 146 negara menjadi pihak Konvensi dan 147 negara menjadi pihak Protokol.

Baca Juga  Persib Bandung 1-1 Barito Putera di Ligue 1 Pekan 25 Bojan Hodak mendapat kartu kuning: kartu merah mengubah segalanya

Merujuk pada hal tersebut, Indonesia tidak mempunyai kewajiban dan kemampuan untuk menampung pengungsi, apalagi memberikan solusi permanen terhadap para pengungsi tersebut.

Jumat, 8 Desember 2023 dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta Jokowi Keterlibatan jaringan kriminal perdagangan manusia diduga dalam arus pengungsi ke Provinsi Aceh. Ia menegaskan, pemerintah Indonesia tidak akan tinggal diam.

“Pemerintah Indonesia akan mengambil tindakan tegas terhadap pelaku kejahatan perdagangan manusia,” kata Jokowi tanpa menjelaskan lebih lanjut. Ia menegaskan, pemerintah akan bekerja sama dengan organisasi internasional untuk menyelesaikan masalah ini.

Saat ditemui di Istana Negara, Senin, Mahfoud tidak menjawab pertanyaan apakah dirinya melakukan kejahatan tersebut. Perdagangan manusia Yang dimaksud Jokowi.

“Nanti akan dibawa ke lapangan,” kata mantan hakim konstitusi ini, terkait pencegahan gelombang baru.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *