Mahfud Md Berani Mundur Jadi Menteri, Bagaimana dengan Prabowo, Gibran dan Kak Emins?

Uncategorized65 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfoud MD Ia resmi mengundurkan diri dari jabatannya. Ia mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi Di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis sore, 1 Februari 2024, Mahfud mengundurkan diri karena tak ingin bentrok dengan Jokowi, apalagi ia masih menjadi bagian dari kabinet elit Indonesia.

“Saya bilang, saya memilih berhenti sekarang. Indonesia, Jakarta, Kamis, 1 Februari 2024, dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Jakarta. lakukan sekarang adalah inisiatif ini, “katanya.

Sebelumnya, Mahfoud mengaku ingin mundur dari jabatannya sebagai menteri. Tujuan tersebut terjadi beberapa bulan lalu, setelah ia diumumkan sebagai calon Wakil Presiden (Cavapres) untuk mendampingi Ganjar Pranovo. Namun saat itu, Mahfud tidak langsung mundur, melainkan menunggu waktu yang tepat.

Seperti yang diketahui, kecuali Mahfud Prabu SubiantoGibran Rakabuming Raqa dan Muhaimin Iskandar atau Kak Emin masih menjabat di pemerintahan. Prabowo saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Gibran sebagai Wali Kota Solo, dan Kak Emin sebagai Wakil Ketua DPR. Jadi apakah mereka akan kembali?

Prabowo, Gibran dan Kac Emin

Juru Bicara Kelompok Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Andre Rosiade mengatakan, Prabowo Subianto tidak berencana mundur dari kabinet Indonesia yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi). Meski terdaftar sebagai calon presiden pada Pilpres 2024, Prabowo akan tetap menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Andre Kamis, 1 Februari 2024 “Pak Prabowo tidak ada rencana mundur dari Kabinet Indonesia, dan tidak melanggar aturan konstitusi.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Sumbar Andre mengatakan, sejauh ini para calon, baik pasangan atau calon nomor urut dua, berkomitmen menjalankan tugasnya sebagai pejabat publik.

Baca Juga  Jadwal dan preview Maroko vs Iran Selasa malam, 21 November 2023 Babak 16 Besar Piala Dunia U17

“Pak Prabowo bisa membagi waktunya, saat menjadi menteri dan saat menjadi calon presiden.” “Jadi tidak perlu keluar rumah, karena tidak mengganggu proses kerja.”

Sebaliknya, saat ditanya Mahfud soal penunjukannya sebagai Menko Polhukam, Prabowo Subianto berkata geram. Ia sempat menyinggung langkah eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Ini hak politik, kata Prabowo saat ditanya awak media usai menghadiri Trimegah’s Political and Economic Outlook 2024 di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu, 31 Januari 2024.

iklan

Kawan Prabowo di Pilpres kali ini adalah Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo. Putra sulung Presiden Jokowi ini menjadi peserta Pilpres 2024 namun belum mengundurkan diri.

Terakhir, Gibran enggan berkomentar lebih jauh terkait usulan Solo mundur sebagai Wali Kota. Sebelumnya, tuntutan mundur Gibran datang dari PDI Perjuangan (PDIP) DPRD Kota Solo. Kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan Gibran belakangan dinilai tidak efisien dan tidak efisien karena ia mengambil cuti untuk bertarung di Pilpres 2024.

Gibran sendiri hanya mengucapkan terima kasih saat ditanya soal pengunduran dirinya.

Iya terima kasih masukannya, kata Gibran saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis, 18 Januari 2024.

Sementara itu, belum diketahui apakah Kak Emin akan dicopot dari jabatan Wakil Ketua Partai Rakyat Demokrat (DPD). Berdasarkan laman resmi DPR, nama Kak Emin saat ini tercatat sebagai Wakil Ketua DPRK. Namun, usai dicalonkan sebagai calon wakil presiden KPU pada 2023, Cak Imin pernah mengaku akan mempertimbangkan untuk berkoordinasi dengan partai lain dan pimpinan DPR terkait posisinya.

“Saya tidak perlu mundur, izin saja? Kalau tidak bisa, saya harus mundur, tapi nanti saya akan bekerjasama dengan Ketua Partai Rakyat Demokrat,” ujarnya di PKBDP pusat. Kata Kantor Kak Emin. Jakarta, Jumat, 3 November 2023

Baca Juga  Bukannya bertambah besar, itulah yang terjadi pada hidung dan telinga seiring bertambahnya usia.

Raden Putri | kelompok Tempo

Pilihan Editor: Ketua RSPAD menegaskan kabar lengsernya Prabowo tidak benar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *