M5.1 Gempa Pegunungan Bintang Papua akibat pergerakan sesar batuan

Uncategorized279 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Dewan Meteorologi, Iklim dan Geofisika (BMKG) laporan Gempa bumi Tektonik dengan pembaruan parameter M5.1 mengguncang kawasan Pegunungan Bintang, Papua pada Senin 5 Februari 2024 pukul 21.05.24 WIB.

Epikter Gempa bumi Letaknya di 4,05° Lintang Selatan dan 140,24° Bujur Timur, atau tepatnya 64 kilometer barat laut Pegunungan Bintang, Papua, pada kedalaman 74 kilometer.

Berdasarkan lokasi dan kedalaman hiposenter gempa, gempa tersebut merupakan gempa berukuran sedang yang disebabkan oleh aktivitas sesar di pegunungan tengah Papua, kata Kepala Badan Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Pusat Daryono, Senin.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di wilayah Wamena dengan skala intensitas II MMI, yakni getarannya dirasakan banyak orang, dengan adanya goyangan benda-benda lampu gantung.

iklan

Hasil model menunjukkan gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Hingga pukul 21.30 WIB, hasil pantauan BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas pasca guncangan.

Selalu Pembaruan Informasi terakhir. Mendengarkan Berita terkini Dan berita pilihan dari Tempo.co Di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung kamu harus-Install Pertama, aplikasi Telegram.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Britney Spears telah memutuskan untuk tidak kembali ke industri musik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *