Letusan Gunung Marapi menimbulkan hujan abu, namun warga selamat.

Uncategorized544 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaLetusan Gunung Marapi di Sumatera Barat pada Minggu, 1 Desember 2018. Di tahun Agam Olkawendiri, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Minggu, mengatakan, “Informasinya akan kami kumpulkan dari masing-masing camat.”

Dia menjelaskan, jatuhan abu dan batu terjadi di empat kecamatan yakni Kandung, Sungai Pua, Ampek Ankek, dan Malalak. Sepuluh kecamatan sisanya hanya terdampak hujan abu, yakni Banuhampu, Thilatang Kamang, Baso, Tanjung Raya, Lubuk Basung, Ampek Koto, Mathur, Tanjung Mutiara, Palembayan dan Kamang Makek.

“Kecamatan Palupuh dan Ampek Nagari tidak terkena dampak ledakan tersebut,” tambah Agam.

Menurut dia, warga di empat kecamatan sekitar Gunung Marapi masih bertahan di rumahnya pasca ledakan. Namun mereka sangat disarankan untuk tetap berada di dalam rumah dan mengenakan penutup wajah saat beraktivitas di luar ruangan untuk mencegah infeksi saluran pernapasan akut.

Ia membenarkan, saat letusan mendadak terjadi, ada 47 orang sedang berjalan di kawasan vulkanik tersebut. 19 di antaranya dikembalikan, dan lainnya berada di area tersebut. BPDD Agam berkoordinasi dengan stasiun pengamatan gunung, dinas pariwisata negara dan otoritas negara untuk evakuasi. “Mudah-mudahan mereka semua kembali dengan selamat,” kata Agam.

Hendra Gunawan, Kepala Pusat Mitigasi Bencana Vulkanik dan Geologi, mengatakan lembaganya belum melihat adanya peningkatan aktivitas gunung berapi yang signifikan dan letusannya terjadi secara tiba-tiba.

Gunung berapi tersebut meletus pada pukul 14:54 hari Minggu, memuntahkan abu vulkanik hingga ketinggian 3.000 meter ke udara dan menyebar ke wilayah terdekat.

Gunung Marapi berada pada tingkat kewaspadaan tertinggi kedua, Level II, sejak 3 Agustus 2011. Badan Geologi memutuskan untuk tidak menaikkan tingkat kewaspadaan setelah letusan hari Minggu. Masyarakat, termasuk wisatawan, dilarang bergerak dalam jarak tiga kilometer dari sumur.

Baca Juga  Ganjar dan Mahfud MD akan bertemu Megawati pekan depan.

di antara

Pilihan Editor: Pasca erupsi Gunung Marapi, Kementerian meminta masyarakat tidak panik

klik disini Dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *