KY Tegaskan Seleksi Calon Hakim Agung Fair, Tak Ada Titip Menitip

Tak Berkategori248 Dilihat

Sabtu, 5 Agustus 2023 – 14:13 WIB

Yogyakarta – Komisi Yudisial (KY) menekankan seleksi calon hakim agung dilakukan dengan mekanisme yang adil dan benar. Tidak ada pihak-pihak yang bisa titip menitip calon.

Baca Juga :

Fadli Zon: Tuan Rumah Penyelenggaraan Sidang Umum AIPA ke-44, DPR RI Mengajukan 6 Draf Resolusi

Hal itu ditegaskan Ketua KY, Amzulian Rifai dalam acara sharing media session bertajuk ‘Sinergitas Komisi Yudisial dan Media Massa’ di Yogyakarta, Jumat, 4 Agustus 2023. 

“Yang tak kalah penting adalah kewenangan kita dalam menyeleksi calon hakim agung. Saya menyaksikan bagaimana teman-teman (KY) bekerja keras, bagaimana komisioner tanpa kompromi,” ujar Amzulian.

Baca Juga :

Soal Vonis Bebas Gazalba Saleh, KY Singgung Kebebasan hingga Integritas Hakim

Dia menambahkan, “Hanya banyak yang tanya ke saya, coba titip, apakah fair (seleksi calon hakim agung)? Saya katakan, saya menyaksikan langsung, pertaruhannya adalah kami semua,”

Gedung Komisi Yudisial

Photo :

  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Baca Juga :

Ketua KY Mengaku Alami Keterbatasan: SDM Hanya 300, Harus Awasi 8.000 Hakim

Bicara soal seleksi hakim agung, Amzulian juga mengungkapkan, dia sempat ditawari mengikuti seleksi itu. Tak tanggung-tanggung, yang menawarkan adalah sosok seorang Menteri Koordinator (Menko).

Meski ditawarkan, Amzulian mengaku tak ingin mengikuti seleksi calon hakim agung. Sebab, dia merasa belum tentu akan lulus karena tes yang dilalui sangat berat.

Halaman Selanjutnya

“Saya belum tentu lulus untuk bisa ikut tes hakim agung itu. Saya menyaksikan, berat. Nah itupun setelah kita seleksi secara berat, masih ada approve dari DPR, itu hal berat,” katanya. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *