Kominfo menerima 958 laporan penipuan online

Uncategorized604 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaKementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo Menerima 958 laporan penyalahgunaan telepon dan SMS daring sAgustus hingga pertengahan November 2023.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Info Kominfo Wayan Tony Supriano mengatakan pihaknya terus berupaya meredam kasus penipuan. On line Melalui layanan telepon dan pesan teks atau Sistem pesan singkat (SMS).

“Kominfo akan membuka salurannya. situs web AduanNomor.id merupakan wadah masyarakat untuk mengadukan nomor yang digunakan untuk penipuan, penawaran perjudian online, atau iklan spam, kata Wayne dalam keterangannya, Rabu, 15 November 2023.

Wynne mengatakan, pemblokiran nomor seluler dilakukan karena adanya keluhan masyarakat. Mereka yang pernah mengalami penipuan bisa memahaminya Tangkapan layar Tangkapan layar SMS atau transkrip chat yang mengindikasikan penipuan situs web Nomor Pengaduan Id

Jika laporan tersebut terbukti kredibel, operator tersebut akan diselidiki oleh polisi untuk memverifikasi kebenarannya sebelum diambil tindakan untuk menangguhkannya. Setiap bulannya, operator menyampaikan laporan nomor yang diblokir ke Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Terkait pengaduan pemblokiran nomor, katanya, prosesnya memakan waktu 1 x 24 jam. “Setelah laporan diverifikasi, Cominfo akan meneruskannya ke operator, nomor seluler akan diblokir dalam waktu 1 x 24 jam,” kata Wayan.

iklan

Wayan mengimbau masyarakat berperan aktif dalam memerangi penipuan On line. “Siapa pun yang menemukan tanda-tanda penipuan online dapat melaporkan dugaan penipuan tersebut dengan cara yang telah disebutkan sebelumnya,” ujarnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyediakan layanan pengaduan melalui AduanKonten.id terkait konten penipuan di website, platform digital, atau media sosial. Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengembangkan prosedur pemeriksaan dan pelaporan rekening bank mencurigakan di CekRekening.id.

Pilihan Editor: Jika Jokowi merevisi target konsolidasi utang menjadi Rp 421 triliun, bagaimana tanggapan Kementerian Keuangan?

Baca Juga  Pengguna Jalur Travel Destinasi Travel Dominasi Ed H+3, Traveler KAI Himbau Keamanan dan Kenyamanan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *