Kasus Influenza Singapura Sedang Naik Daun, Jangan Sampai Ganggu Mudik Anda

Uncategorized75 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaKementerian Kesehatan melaporkan kasus-kasus tersebut Flu Singapura Akhir-akhir ini telah meningkat secara signifikan. Di tahun Pada tahun 2024 Lebih dari 5.000 pasien didiagnosis mengidap penyakit virus yang umumnya dikenal sebagai penyakit tangan, kaki, dan mulut selama masa tindak lanjut hingga 11 minggu.HFMD).

Achamad Farchani Tri Adriano, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan, mengatakan rekor tersebut meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Hal ini diyakini terkait dengan tren yang melanda negara tetangga Singapura yang melaporkan fenomena serupa.

Bagi Anda yang hendak mudik atau berlibur saat Lebaran 2024, ada baiknya Anda berhati-hati agar flu Singapura tidak mengganggu perjalanan Anda.

Menurut Profesor Dr Tijandra Yoga Aditama, guru besar pulmonologi dan kedokteran pernafasan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, HFMD menular melalui kontak langsung, sekret hidung dan tenggorokan, air liur, dahak, atau kotoran penderita. Masa penularan maksimal adalah pada minggu pertama penyakit.

“Tidak ada pencegahan khusus untuk HFMD, namun risiko tertular dapat dikurangi dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), seperti cuci tangan pakai sabun (CTPS) oleh tenaga kesehatan,” kata tenaga kesehatan.

Apa itu Flu Singapura? Menurut Profesor Tjandra Yoga Aditama, flu Singapura sering menular ke anak-anak.

Nama asli penyakit ini adalah HFMD atau salah disebut flu Singapura, penyakit ini biasanya banyak ditemukan pada anak-anak dan bayi, kata Tjandra Yoga.

HFMD memiliki masa inkubasi selama 3-7 hari dan ditandai dengan demam, ruam kulit, serta lepuh atau benjolan kecil di kaki, tangan, dan selaput lendir mulut. Korban tidak nafsu makan dan sakit tenggorokan.

“Biasanya setelah satu atau dua hari setelah demam reda, muncul keluhan perih di mulut. Pop up Pop up Pop up Pop-up itu pop-up.

Baca Juga  Ariana Grande telah merilis single baru berjudul Yeah, So?

Tijandra, Direktur Studi Pascasarjana Universitas YARSI, mengatakan HFMD bukanlah penyakit serius dan dapat disembuhkan dalam 7-10 hari, pengobatannya hanya bersifat suportif.

Tjandra mengatakan, penyebab HFMD adalah enterovirus, antara lain coxsackievirus A16, EV 71, dan echovirus.

Tentu sangat jarang, HFMD yang disebabkan oleh EV71 dapat menyebabkan meningitis atau bahkan ensefalitis. Infeksi EV71 dimulai dari saluran cerna kemudian menyebabkan gangguan saraf. Selain itu, HFMD yang disebabkan oleh coxsackievirus A16 juga dapat menyebabkan meningitis, ujarnya.

Berikutnya: Kanker basa tidak



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *