Kasus ASN Kota Bekasi dari Jersey Nomor 2 Diusut Bawaslu: Bukan Pelanggaran Pemilu

Uncategorized428 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kota Bekasi telah meneruskan hasil penyidikan kasus foto Wali Kota Bekasi yang memperlihatkan jersey 02 miliknya di Stadion Patrio Kadrabhaga. Bawaslu memutuskan tidak ada unsur pelanggaran pemilu dalam kasus tersebut.

Laporan tanggal 2 Januari lalu kajian, lalu Bawaslu menindaklanjuti laporan tanggal 4 karena memenuhi unsur baku, tapi setelah dilakukan pemeriksaan akhir tidak ada pelanggaran, ujarnya. Mohamed Sodikin, Koordinator Unit Penanggulangan Pelanggaran Kota Bekasi, dikonfirmasi wartawan pada Senin, 22 Januari 2024.

Sodikin menjelaskan, pihaknya memeriksa 20 orang dalam kasus ini, dan 19 orang di antaranya merupakan Bupati dan Pj Wali Kota Bekasi. Ada lagi orang yang menjadi saksi ahli tindak pidana pemilu.

Selain itu, Sodikin menambahkan, seluruh pejabat daerah yang memegang jersey yang terlihat di foto tersebut tidak mengetahui bahwa jersey yang dikenakannya adalah nomor dua.

Akibat dari penjelasan tersebut, mereka tidak mengetahui bahwa itu nomor dua karena ketika mereka mengambil alih secara simbolis dan seremonial, jerseynya dilepas, kata Sodikin.

Perkara ini tidak memenuhi unsur pelanggaran pemilu dalam peraturan KPU tentang pencitraan pribadi. “Pada tahun 2023, potret diri terdapat pada Pasal 22 ayat 4 tentang kampanye PKPU 15. Oleh karena itu, potret diri disebut dengan nomor identitas dan foto, gambar. Oleh karena itu, menurut saksi ahli ini, di seluruh kelas. Dalam kegiatan ini tidak ada yang diuntungkan atau dirugikan,” kata Sodikin.

iklan

Foto sebelumnya diambil saat ASN Kota Bekasi bermain sepak bola di Stadion Patrio Kadrabga pada Jumat, 29 Desember 2023. Kegiatan ini biasa dilakukan ASN Kota Bekasi untuk menjaga silaturahmi.

Dalam foto tersebut, Ghani terlihat berfoto bersama beberapa ASN di pinggir lapangan. Sejumlah ASN terlihat berpose dengan nomor dua sambil difoto sambil memegang jersey. Terlihat ada lima ASN yang memperlihatkan nomor punggung 02 dalam foto tersebut.

Baca Juga  Prabowo mengatakan RI akan membuka RS TNI di Palestina setelah Mesir mengizinkannya.

Terkait hal tersebut, Ghani menyebut hal tersebut terjadi secara kebetulan.

“Saya yakin kejadian tersebut tidak disengaja. Kita tahu, seluruh rekan-rekan yang berada di lapangan saat itu tidak hadir di stadion untuk memilih atau mendukung suatu partai dan saya pastikan hal tersebut tidak terjadi di Bekasi. Pemkot,” kata Ghani dalam keterangan tertulis resmi, Rabu, 3 Januari 2023.

Pilihan Redaksi: ASN Bekasi Soal menampilkan nomor punggung dua, Camat Jatishampurna mengaku mendapat instruksi dari panitia.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *