Kaleidoskop 2023: Anggi sang pelajar meretas paket Shopee Express dan metode pencurian baru.

Uncategorized243 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Polisi menangkap seorang pelajar bernama depan RFP karena meretas paket Shop Express dan mengambil 28 produk Apple. Masalah ini menarik perhatian pembaca waktu Dan itu disebut Kaleidoscope 2023, mode siluman baru yang layak untuk ditinjau kembali.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, kasus ini diketahui dari aduan gubernur. Pembeli produk Apple melalui Shopee mengaku tidak pernah menerima barang pesanannya.

Menurut Ade, pelajar berusia 20 tahun itu biasa mencuri produk Apple dan berpura-pura menjadi karyawan PT Irajaya untuk memantau pengiriman produk. Dalam keterangannya pada Senin, 21 Agustus 2023, ia mengatakan, “Mintalah laporan penerimaan penjualan ponsel dari operator penerima di perusahaan travel.”

Sementara itu, Subdirektorat Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kompol Ardian Satrio Utomo pertama kali menelepon Angi secara asal-asalan dengan mengaku sebagai perwakilan Erajaya, distributor resmi Apple di Indonesia. Jadi dia acak-acakan menelpon Irajaya dan mengambilnya di Tangerang, kata Ardian merujuk pada gudang Shopee Express di Tangerang.

Saat ditemui di Polda Metro Jaya, Selasa 12 September 2023, ia mengatakan, Angie membenarkan dirinya berasal dari Irajaya dan meminta nomor resi sesuai dengan informasi penjualan. Ucap Ardian melalui telepon membenarkan bahwa dirinya mengaku dari Erajaya dan meminta tanda terima.

Usai mengambil kuitansi yang dimaksud, mahasiswa asal Magelang, Jawa Tengah itu memberangkatkan ojek. On line Untuk mengambil barang pesanan pemilik barang. Dengan modal resi yang dimilikinya, ia mengelabui operator jasa pengiriman agar mengambil paket tersebut. 28 barang dicuri, termasuk perangkat iPhone 14 Pro, serta MacBook dan iPad. “Tersangka berhasil mendapatkan barang tersebut senilai Rp337.458.000,” kata Ade Safri.

Baca Juga  Mario Aji Kurang Ideal di FP Moto3 Mandalica, Gripnya Bermasalah.

Menurut Ade, apa yang dilakukan Angie merupakan taktik kriminal baru. Modus baru, kata Ade saat dikonfirmasi, Minggu, 27 Agustus 2023.

Polisi mengaku menindaklanjuti laporan yang masuk ke Polda Metro Jaya pada 29 Mei 2023. Laporan yang mengatasnamakan Marcelia Setiawan mengungkap kerugian yang dialami perusahaan travel akibat paket tersebut. telepon selular Dan perangkat Apple lainnya yang dibeli secara online tidak pernah menjangkau pembeli sebenarnya.

Pada 14 Agustus 2023, Angi ditangkap polisi dan berhasil ditangkap dari Seksi IV Subdit IV Cyber ​​Crime Bandara Soekarno-Hatta pada tahun 2013. Kartu: Bank Mandiri

iklan

Siswa Kedua Tersangka Kasus Pencurian Paket Shopee Express

Shop Express telah menangkap RG, 27, mahasiswi asal Serang, Banten, yang diduga membantu Angi mencegat paket tersebut.

RG ditangkap di Serang, Banten pada Selasa 5 September 2023. Penahanannya di Desa Sipakung, Desa Karang Suraga, Kecamatan Sinangka, kata Kompol Ade dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 5 September 2023.

Peran RG adalah mengendalikan akses ilegal ke e-wallet DANA, rekening Gopay dan Bank Jago, rekening Sebank yang digunakan untuk menerima penjualan barang curian dan Anggi.

RG juga berperan dalam membayar layanan ojek online (OJOL) yang digunakan untuk mengambil dan mengantarkan paket yang dituju. Dari kerja sama dengan Angie, RG mendapat pembayaran sebesar 40 juta dolar, kata Ade Safri seraya menambahkan barang bukti yang disita adalah ponsel Xiaomi Lite 11, ponsel Oppo F5, dan rekening bank laut atas nama Rajiv Gandhi. . .

Tentang subjek Meretas Paket Shopify Express Dalam kasus ini, Angie dan RG dijerat Pasal 30 Persimpangan Pasal 46 dan/atau Pasal 32 Persimpangan Pasal 48 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 362 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Baca Juga  Biaya UKT selama dua tahun kerjasama Pinjol Danasita, hal ini ditanggung Universitas Paramadina.

Pilihan Redaksi: Kaleidoskop 2023: Kisah Tukar Bayi di Bogor, Peristiwa Pertama di Indonesia



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *