Kadin: Pelaku usaha menuntut perlindungan pemerintah dari boikot barang-barang pro-Israel.

Uncategorized306 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPlt Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Yuki Nugrahawan Hanafi menekankan perlunya pemerintah melindungi pengusaha dari aktivitas berlebihan dalam mendukung barang terkait Israel ke Palestina.

Yuki dalam keterangannya, Kamis, 30 November 2023 mengatakan, “Gerakan protes meluas dan pemerintah harus bertindak melindungi kepentingan nasional.”

Ia menilai, pemerintah harus menyelesaikan masalah ini demi menciptakan kepastian hukum dan lingkungan bisnis yang mendukung sekaligus melindungi kepentingan nasional.

Kadi menilai larangan tersebut berdampak negatif terhadap dunia usaha karena usaha tersebut beroperasi secara lokal dan menciptakan lapangan kerja bagi banyak tenaga kerja lokal. Yuki mengatakan banyak orang bergantung pada perusahaan yang dicurigai memiliki hubungan dengan Israel untuk penghidupan mereka.

Sebagai organisasi terkemuka di dunia usaha dan mitra strategis pemerintah, Kadin mengutuk kekerasan dan penindasan di berbagai belahan dunia, termasuk yang terjadi di Palestina. Kadin menambahkan, pihaknya akan fokus pada pengembangan dunia usaha dan pembangunan perekonomian nasional dengan mengambil posisi netral terhadap permasalahan geopolitik saat ini.

Majelis Ulama Indonesia (MI) telah mendorong boikot terhadap produk-produk yang terkait dengan Israel atau produk-produk yang mendukung Palestina Israel dalam Fatwa Nomor 83 pada tahun 2023.

Hal ini menyebabkan berbagai daftar kemungkinan produk terkait Israel beredar di media sosial. Namun, Cadin menegaskan, MUI belum merilis daftar tersebut secara resmi sehingga menimbulkan pertanyaan mengenai keakuratannya.

Yuki menilai MUI tidak berwenang mencabut sertifikat halal suatu produk.

Oleh karena itu, Kadi mengimbau masyarakat menyikapi secara bijak informasi yang tersebar dan tidak terjerumus pada penipuan. “Hal ini akan sangat berdampak pada dunia usaha dan berdampak pada penyerapan ribuan tenaga kerja yang bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut,” kata Yuki.

Baca Juga  KCIC terapkan tarif fleksibel untuk KA ekspres Wah, efek video viral low ridership?

RIANI SANUSI Putri

Pilihan Editor: Apindo menanggapi seruan boikot produk Israel

klik disini Untuk mendapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *