Jutaan warga Palestina melakukan demonstrasi pro-Palestina

Uncategorized523 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Jutaan Lawan Pada hari Sabtu, ia menunjukkan dukungannya di kota-kota di Eropa, Timur Tengah dan Asia. Palestina Waktu militer Israel Perluasan serangan udara dan darat di Jalur Gaza.

Demonstrasi besar terjadi di Inggris. TurkiIndonesia, Prancis, Malaysia, Swedia, hingga Kyrgyzstan.

Rekaman udara dari salah satu demonstrasi terbesar di London menunjukkan sekitar 500.000 orang berbaris melalui pusat ibu kota untuk menuntut gencatan senjata dari pemerintahan Perdana Menteri Rishi Sunak di Gaza.

“Saat ini, negara adidaya yang terlibat belum berbuat cukup. “Itulah sebabnya kami di sini: kami menyerukan gencatan senjata, kami meminta hak-hak warga Palestina, hak untuk hidup, hak untuk hidup, hak asasi manusia, semua hak kami,” kata pengunjuk rasa Camille Revelta.

“Ini bukan tentang Hamas. “Ini tentang melindungi kehidupan warga Palestina,” tegasnya.

Pemerintahan Sunak tidak menyerukan gencatan senjata dan hanya menyerukan jeda kemanusiaan agar bantuan dapat menjangkau masyarakat di Gaza. Inggris mendukung serangan brutal Israel di Gaza. 1.400 orang, sebagian besar polisi dan tentara, tewas dalam serangan kelompok militan Hamas pada 7 Oktober.

Jumlah korban tewas di Gaza meningkat menjadi lebih dari 8.000 pada hari Sabtu sejak pemboman Israel dimulai tiga minggu lalu, menurut laporan kementerian kesehatan Palestina.

Puluhan aktivis hak asasi manusia dan perwakilan masyarakat bersama Amnesty International Indonesia melakukan protes terhadap kejahatan terhadap kemanusiaan di Gaza di depan Kedutaan Besar AS di Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023. Amerika Serikat mendesak Israel untuk mengakhiri serangan besar-besaran terhadap Gaza sekaligus mengakhiri penindasan rezim apartheid terhadap Palestina. Tempo/Subekti.

Karena serangan Hamas, banyak dukungan terhadap Israel dari pemerintah Barat. Namun pembantaian Israel di Gaza telah memicu kemarahan, terutama di negara-negara Arab dan Muslim.

Baca Juga  Perusahaan teknologi Australia bergabung dalam pameran perdagangan Asia Tenggara Australia di Jakarta

Di Malaysia, sejumlah besar pengunjuk rasa meneriakkan yel-yel di luar Kedutaan Besar AS di Kuala Lumpur.

Lebih dari 3.000 pengunjuk rasa menyerukan diakhirinya perang dan pemboman di Jalur Gaza.

Sambil mengibarkan bendera Indonesia dan Palestina, para pengunjuk rasa, yang sebagian besar mengenakan jubah putih, memenuhi jalan utama ibu kota Indonesia di luar kedutaan. Sekitar 1.000 polisi dikerahkan di kompleks tersebut, yang ditutup dengan jalan beton.

iklan

Presiden Turki Tayyip Erdoğan, yang berpidato di depan 1,5 juta pendukungnya pada rapat umum besar-besaran di Istanbul, menegaskan kembali posisinya bahwa Israel adalah agresor dan Hamas bukanlah organisasi teroris.

Erdogan mendapat kecaman dari Israel minggu ini karena menyebut kelompok militan itu sebagai “pejuang kemerdekaan”.

Warga Irak mengadakan demonstrasi di Bagdad dan Tepi Barat yang diduduki Israel, sementara pengunjuk rasa Palestina di Hebron menyerukan boikot internasional terhadap produk-produk Israel pada hari Sabtu.

“Jangan berkontribusi terhadap pembunuhan anak-anak Palestina,” teriak mereka.

Di tempat lain di Eropa, orang-orang turun ke jalan di Kopenhagen, Roma dan Stockholm.

Sejak dimulainya perang, banyak kota di Perancis yang melarang demonstrasi karena takut memicu ketegangan sosial. Namun meski ada larangan di Paris, demonstrasi kecil masih diadakan pada hari Sabtu. Di kota selatan Marseille, beberapa ratus orang juga mengadakan demonstrasi damai.

Di ibu kota Selandia Baru, Wellington, ribuan orang yang membawa bendera Palestina dan tanda bertuliskan “Bebaskan Palestina” berbaris menuju parlemen.

Di tempat lain, demonstrasi damai diadakan di Denmark, Tunisia dan Yordania pada Jumat malam. Lilin dinyalakan di gerbang Kedutaan Besar Perancis di Tunis sebagai bentuk solidaritas dan simpati atas nyawa yang hilang di Gaza, dan peti mati anak-anak ditempatkan di Alun-Alun Balai Kota Kopenhagen untuk menandai jumlah anak-anak Palestina.

Baca Juga  Didyet Maulana menghadirkan lipit dari kain tenun di Jakarta Fashion Week 2024

Pilihan Editor: Keluarga sandera Israel mendesak Netanyahu untuk menukar tahanan dengan Hamas.

Reuters | Surat harian



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *