Jokowi Sebut Dirinya Bukan Anak Perempuan Gibran Rakabuming dalam Keputusannya Menjadi Cawapres Prabowo Subianto

Uncategorized484 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi Dibesarkan oleh putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, Aliansi Indonesia Raya merestui Prabowo Subianto menjadi calon wakil presiden. Meski begitu, Jokowi mengaku tidak ikut campur dalam pengambilan keputusan calon wakil presiden.

Ya, itu tugas orang tua, doa dan restunya, keputusan semua ada di dia (Gibran), kata Jokowi dalam konferensi pers usai menghadiri apel Hari Santri di Surabaya, Minggu, 22 Oktober 2023.

“(Gibran) orangnya besar, jangan terlalu ikut campur dalam urusan yang diputuskan anak kita,” ujarnya.

Namun, kata Jokowi, persoalan penentuan calon presiden dan wakil presiden adalah keterwakilan partai politik. “Bukan presiden,” katanya.

Prabu Subianto Ia merupakan calon presiden dari Koalisi Indonesia Raya yang beranggotakan Partai Gerinda, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, dan Partai Garda. Prabowo menjadi satu-satunya calon presiden yang tidak terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia belum secara resmi mengumumkan siapa yang akan menjadi cawapresnya.

Tandanya Prabowo memilih Gibra

Setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan batasan usia calon presiden dan wakil presiden, indikasi Prabowo akan memilih Gibra sebagai calon wakil presiden semakin menguat.

Dalam putusannya, Mahkamah Konstitusi menilai batasan usia minimal 40 tahun bagi calon presiden dan wakil presiden melanggar UUD 1945. Mereka yang berumur sekurang-kurangnya 40 (empat puluh) tahun atau pernah terpilih/memegang jabatan kekuasaan dalam pemilihan umum, termasuk pemilihan kepala negara.

Artinya, seseorang yang berusia di bawah 40 tahun masih bisa menjadi calon presiden atau wakil presiden bersyarat. punya/memiliki Memegang jabatan terpilih dalam pemilihan umum, termasuk pemilihan kepala daerah.

Keputusan sudah diambil Gibran Rakabuming Raka bisa melawan. Pilpres 2024. Pasalnya, Gibran baru berusia 36 tahun namun menjabat Wali Kota Solo.

Baca Juga  2.180 untuk ujian SKD CPNS Kemendikbud di USK, kenang Waek

Selanjutnya Gibran menemui Zulhas dan mendeklarasikan Golkar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *