Jenazah Luke Enembe akan diterbangkan ke Papua besok pagi

Uncategorized537 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Mantan penguasa Papua Lukas Enembe Hari ini akan diangkut ke Papua. Pengacara mendiang Lucas Enembe, Petros Bala Pationa mengatakan, jenazah akan diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 00.00. Namun terjadi perubahan waktu penerbangan sejak koordinasi dengan pihak maskapai, yakni sekitar pukul 01.00 WIB Kamis, 28 Desember 2023.

“Sesuai aturan penerbangan, harus sudah di kargo bandara 4 jam sebelum lepas landas, jadi besok jam 7 malam Pak Lucas harus sudah di kargo bandara,” kata Petros Bala Pationa saat ditanya, Selasa, 26 Desember 2023 malam.

Petros mengumumkan jadwal penerbangan yang tadinya pukul 12.00 kemudian diperpanjang hingga pukul 01.00. “Tadi kami mendapat informasi kalau di bandara bukan jam 12 tapi jam 01.00. Artinya Kamis pagi. Nanti bisa. Akomodasi Sekarang jam 7 pagi di Papua,” kata Petrus.

Saat ditanya soal koordinasi Polda Papua untuk mengembalikan jenazah bekas Gubernur Papua, mendiang Lucas Enembe mengatakan Petrus tidak kooperatif dengan Polda Papua. Namun Kepala Kantor Umum Negara Papua ditawari untuk menyusun rencana pemulihan jenazah.

“Belum dari Polda Papua, tapi kami mendapat informasi bahwa Kepala Dinas Provinsi Papua menyampaikan akan bersama kami malam ini untuk menyelenggarakan acara tersebut.

Sebelum berangkat ke bandara, Petrus mengatakan akan ada kebaktian bersama keluarga yang dipimpin oleh Pendeta Matthew Murib.

“Kami sudah koordinasi dengan seluruh keluarga dan saudara-saudara dan akan ada kebaktian yang dipimpin oleh Pendeta Ronald. Jadi pendetanya malam ini banyak, tapi sore ini banyak yang kita temui dan ternyata semuanya hadir. Tadi sempat berdiskusi secara internal yaitu, “Hari ini Pendeta Matthew Murib. Beliau memimpin kebaktian malam,” kata Petrus.

Kedatangan jenazah Lucas Enembe merupakan pengamanan tertinggi

Kapolda Papua Irjen Mathews D.

Baca Juga  KPU nyatakan tak lolos syarat ikut Pilkada Jakarta, argumen Dharma Pongrekun ke Bawaslu

“Atas nama keluarga besar Polda Papua, saya turut berbela sungkawa atas meninggalnya saudara kita tersayang, Bapak Lucas Enembe, sekitar pukul 10.30 pagi tadi. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkatinya,” kata Irjen Mathews D. Fakiri.

iklan

Mathews D. Kapolda dalam sambutannya menekankan pentingnya tetap tenang dan tidak mudah marah dengan informasi yang belum tentu benar.

Kapolda Papua tetap memahami dan menghormati budaya dan kepercayaan masyarakat Papua dalam hal pemakaman dan memastikan upaya pengamanan dilakukan dengan lancar.

Dia membenarkan hal itu Polda Papua Ia akan terus menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat di Papua, serta memastikan proses pemakaman dilakukan secara bermartabat dan damai.

“Pihak keluarga tidak memberikan informasi secara langsung kepada saya. Nanti pihak keluarga yang memutuskan di mana jenazah akan dimakamkan. Ini sesuai budaya internal Papua kami, jadi tidak peduli apa yang dipikirkan orang,” ujarnya.

Sambil menunggu keputusan pihak keluarga terkait pemakamannya, Kapolda Papua mengimbau masyarakat Papua tetap menjaga ketertiban dan merayakan perayaan Natal yang sedang berlangsung.

“Saya yakin masyarakat Papua akan terus merayakan Natal dan tetap bersatu dan bersatu dalam berbagai tantangan,” ujarnya.

Pilihan Editor: Jenazah Luke Enembe dimakamkan di rumah duka RSPD Sentosa.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *