Jakarta akan menjadi pusat keuangan setelah ibu kota dipindahkan, kata OIKN.

Uncategorized187 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaJakarta akan menjadi pusat komersial dan keuangan Indonesia setelah pemerintah pindah ke ibu kota baru, Nusantara, kata Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKEN) Bambang Susantono, Sabtu.

“Jakarta pasti akan menjadi pusat keuangan. Pusat bisnis dan keuangan akan tetap di sini, kita akan memiliki superhub keuangan baru,” ujarnya dalam seminar “Masa Depan Jakarta Setelah Nusantara”.

Ia menambahkan, Jakarta akan menjadi negara adidaya finansial seperti Almaty di Kazakhstan setelah ibu kotanya diubah menjadi Astana.

Untuk mendukung pembangunan tersebut, Indonesia dan Kazakhstan telah menandatangani nota kesepahaman untuk menjadikan Nusantara dan Astana sebagai kota bersaudara.

Pemindahan ibu kota diharapkan dapat mempererat hubungan Nusantara dan Jakarta.

Jakarta akan terus menjadi pusat bisnis dan keuangan, Nusantara akan menjadi kota yang cerdas dan inklusif, jelasnya.

Jakarta tetap menjadi magnet investasi yang menarik dengan pertumbuhan berkelanjutan dan nilai ekonomi yang tinggi. Dengan berpindahnya ibu kota negara ke Nusantara, pertumbuhan ekonomi di luar Pulau Jawa diperkirakan akan terus berlanjut dan lebih merata.

“Kita akan punya superhub ekonomi di luar Jakarta,” kata Susantono.

Sementara itu, Abdul Malik, Direktur Wilayah Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPENAS), mengatakan peran Jakarta akan sangat penting setelah ibu kota negara dipindahkan ke kepulauan tersebut.

Malik mencatat, Jakarta merupakan wilayah metropolitan terbesar kedua di dunia setelah Tokyo.

Jakarta dan kota-kota sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi akan menjadi zona aglomerasi terbesar di dunia.

“Banyak yang memperkirakan akan ada dua megacity, yaitu Jakarta dan Cekungan Bandung. Kedua kota ini akan menjadi penggerak utama,” tuturnya.

di antara

Pilihan Editor: Macron dari Prancis membuka pintu untuk mengakui negara Palestina

Baca Juga  Waspadai Orang Narsisis Saat Liburan, Ini yang Sering Mereka Lakukan.

klik disini Dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *