ITS memperkenalkan i-Boat untuk kebutuhan survei hidrografi

Uncategorized209 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaInstitut Teknologi Sepuluh November (ITS) Keunggulannya di bidang kelautan ia tunjukkan dengan menciptakan Intelligence Boat (I-Boat) untuk melakukan survei hidrografi. Penemuan ini disebut kendaraan survei batimetri otonom.

Dijelaskan ketua peneliti Danar Guru Pratomo, kendaraan survei kamar mandi otonom merupakan kapal yang beroperasi secara mandiri dan terintegrasi dengan peralatan pengukuran survei kamar mandi. Sistem ini memudahkan surveyor melakukan pengukuran tanpa harus turun langsung ke lapangan, kata Danar dalam keterangannya, Sabtu, 2 Maret 2024.

Kapal ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah peta kedalaman wilayah pelabuhan untuk menentukan wilayah dangkal. Kendaraan survei batimetri otonom dirancang untuk mengakses hampir seluruh wilayah laut, danau, sungai dan pelabuhan dengan hasil data batimetri yang tepat dan akurat.

Danar menambahkan, peralatan yang terpasang pada I-Boat adalah Multibeam Echosounder (MBES) untuk mengetahui topografi dan Sub-Bottom Profiler (SBP) untuk mengetahui lapisan sedimen di bawah air. Sensor jarak dan ketinggian cahaya (lidar) serta sensor telemetri juga dipasang untuk mendeteksi jarak dan objek pada area survei. “Kami akan menggunakan sistem satelit untuk menentukan lokasi pertemuan,” ujarnya.

iklan

Kombinasi instrumen tersebut dapat meningkatkan efektivitas survei, khususnya di perairan dangkal, ujarnya. Dengan semakin sedikitnya surveyor yang terjun ke lapangan, hal ini juga dapat memberikan manfaat ekonomi tersendiri. “Manfaat utamanya adalah mengurangi risiko kecelakaan kerja bagi surveyor itu sendiri,” ujar Danar, Ketua Departemen Teknik Geomatika ITS.

Rektor IV ADALAH Bambang Pramujati mengatakan inovasi ini menjadi bukti bahwa sektor maritim ITS semakin baik. “Kami berharap kendaraan survei kamar mandi otonom ini dapat digunakan oleh mitra terkait untuk melakukan survei air,” kata Bambang.

Baca Juga  Bos Ducati: Haruskah Jorge Martin bergabung dengan tim pabrikan, menggantikan Ine Bastiani?

IRSYAN Hasim



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *