Inilah 4 jenis kecelakaan yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

Uncategorized178 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Tidak semua tipe bahaya telah membawa badan Penyelenggara Jaminan Sosial Atau BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, masyarakat harus sadar untuk lebih waspada dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

tersebut IndonesiaBaik.id, BPJS Kesehatan memberikan masyarakat ketentuan klaim atas risiko tertentu yang diasuransikan oleh fasilitas ini. Hal ini penting karena tidak semua jenis kecelakaan masuk dalam cakupan jaminan BPJS kesehatan.

Peserta BPJS kesehatan berhak mengajukan permohonan pelayanan kesehatan terkait beberapa jenis risiko. Contohnya adalah kecelakaan lalu lintas tunggal bukan merupakan kecelakaan kerja, dan korban kecelakaan tersebut terdaftar sebagai peserta aktif dalam Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua kecelakaan lalu lintas perseorangan menjadi tanggung jawab BPJS Kesehatan. Situasi tertentu, misalnya kecelakaan lalu lintas tunggal yang melibatkan jalur angkutan umum resmi dan berbayar, menjadi tanggung jawab PT Jasa Raharja (Persero).

Meskipun BPJS Kesehatan memberikan jaminan untuk berbagai jenis kecelakaan, ada beberapa kejadian yang tidak tercakup dalam perlindungan ini. Ada empat jenis kecelakaan yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

Berikut empat risiko yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

1. Bahaya pekerjaan

Di tahun Menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, kecelakaan kerja adalah kecelakaan yang terjadi pada saat bekerja, dalam perjalanan menuju atau pulang kerja, dan pada saat menjalankan tugas kedinasan.

Untuk kecelakaan lalu lintas yang termasuk kecelakaan kerja, Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) ditanggung oleh PT Asabri (Persero), sedangkan Badan Pemerintahan Sipil (ASN) ditanggung oleh PT Taspen (Persero). Dan pekerja swasta ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

iklan

2. Kecelakaan lalu lintas tunggal karena kelalaian

Baca Juga  Disusul gempa berkekuatan M 5,5 yang terjadi di Maluku malam ini

Kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi apabila suatu kendaraan bermotor bertabrakan dengan pengguna jalan atau pengemudi lain. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh kelalaian pribadi, misalnya kurang tidur saat mengemudi sehingga menurunkan konsentrasi. Bagi korban kecelakaan lalu lintas perseorangan yang datang melalui jalur angkutan dinas dan membayar tol, pemberi pelayanan kesehatannya adalah PT Jasa Raharja (Persero).

3. Banyak kecelakaan lalu lintas

Kebanyakan kecelakaan lalu lintas terjadi antara dua kendaraan atau lebih, atau antara pengemudi kendaraan dengan pejalan kaki atau pengguna jalan lainnya. PT Jasa Raharja (Persero) mengcover risiko jenis ini dengan manfaat asuransi maksimal Rp 20 juta.

4. Banyaknya kecelakaan lalu lintas pada penumpang angkutan umum

Ini merupakan jenis kecelakaan berikutnya yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Kecelakaan lalu lintas Di transportasi umum. Karena risiko ini termasuk tanggung jawab PT Jasa Raharja (Persero).

ANDIKA DWI

Pilihan Editor: Diduga kabur usai menabrak Pajero Sport, Bus Pio Harianto angkat suara.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *