Hutan Kota UI, Komitmen Kampus Melestarikan Lingkungan Hijau 70:30

Uncategorized48 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kampus UI Selama ini RTH lebih dominan dibandingkan luas bangunan 70:30. untuk hidup Hutan kota UI dan komitmennya terhadap ruang hijau muncul seiring dengan perayaan Hari Hutan Internasional yang diperingati oleh masyarakat global pada tanggal 21 Maret.

“Hutan Kota UI tidak hanya sekedar kawasan penghijauan, namun juga berfungsi sebagai wahana pengumpulan dan pelestarian plasma nutfah, serta sebagai daerah aliran sungai (DAS) Daerah Aliran Sungai (DAS) Silwing,” ujar Safety Officer UI. UPT Keamanan, Kesehatan, dan Lingkungan Hidup (K3L), Sjahrul Meizar Nasri, dalam keterangan tertulis, Senin, 25 Maret 2024.

Hutan kota kampus terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings 2024 ini terbagi menjadi tiga kawasan, yaitu kawasan West Wales, kawasan East Wales, dan kawasan vegetasi alami. Pembagian tersebut didasarkan pada identitas daerah asal tumbuhan yang terdapat di masing-masing daerah.

Wilayah West Wales didominasi oleh tumbuhan asal Indonesia di sebelah barat Garis Wallace, sedangkan wilayah Wales Timur dikelilingi oleh tumbuhan asal Indonesia di sebelah timur Garis Wallace. Sedangkan kawasan vegetasi alaminya ditumbuhi tumbuhan endemik yang terdapat di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat dan Diki Jakarta.

Sjahrul juga mengatakan, Hutan Kota UI akan difungsikan sebagai hutan kota multiguna. Inovasi yang dilakukan antara lain mengembangkannya menjadi hutan kota wisata dan menjadi pusat pendidikan bagi mahasiswa UI maupun mahasiswa luar universitas. “Dengan melakukan hal tersebut, Hutan Kota UI mewujudkan keselarasan antara konservasi alam dan pemanfaatan berkelanjutan, serta mengedepankan peran sosial dan pendidikannya bagi masyarakat luas.”

iklan

Siswa Taman Kanak-kanak membuat salinan daun sendiri dari gambarnya dan salinan pohon hasil karya seniman komunitas Bumi Kardus di Universitas Indonesia Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Kamis, 8 Juni 2023. Acara tersebut diluncurkan oleh Bakul Budaya FIB UI dan Makara Art Center UI, yang bertujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang hutan dan kepedulian terhadap lingkungan. Tempo/Gunawan Wikaxono

Baca Juga  Viral, Video Aa Gym menegur sekelompok pemuda yang memadati minimarket Darut Tauhid.

Kampus ini menjadi salah satu tonggak kontribusi UI dalam upaya Hutan Kota mewujudkan kelestarian lingkungan kelas dunia melalui UI Greenmetric World University Rankings. Sjahrul mengatakan, UI GreenMetric didirikan pada tahun 2010 dan memiliki misi untuk menginspirasi dan mendorong universitas-universitas di seluruh dunia untuk mengutamakan kelestarian lingkungan dan keberlanjutan dalam kebijakan dan operasional universitas.

Seiring dengan meningkatnya partisipasi, 1.183 universitas dari 84 negara di seluruh dunia saat ini terdaftar dalam jaringan luas UI GreenMetric. Ketua UI GreenMetric Riri Fitri Sari menambahkan, “UI GreenMetric berkomitmen untuk memperluas jangkauan dan dampaknya dengan membangun kolaborasi nasional dan internasional serta melibatkan banyak institusi untuk membuat perbedaan yang berarti dalam melindungi ekosistem dunia.

Pilihan Editor: Disebut sebagai hama, OIKN mencari cara untuk memindahkan kawanan Beruk



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *