Hilang secara misterius, menteri pertahanan Tiongkok sedang diselidiki karena korupsi.

Uncategorized455 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Pertahanan (Menteri Pertahanan) Cina Li Shangfu Dia sedang diselidiki karena korupsi dan kemungkinan akan dicopot dari jabatannya, kata dua pejabat AS minggu ini. Ini adalah yang terbaru dari serangkaian pembersihan besar-besaran di jajaran keamanan Beijing.

Tersingkirnya Li, yang sebagian besar tidak terlihat oleh publik selama dua minggu terakhir, menambah rasa ketidakpastian mengenai bagaimana kebijakan luar negeri Tiongkok sehari-hari akan dijalankan.

Para analis mengatakan ketika ia mengkonsolidasikan kekuasaannya, ia akan mengajukan lebih banyak pertanyaan mengenai kepemimpinannya. Dia menunjukkan bahwa mempersempit lingkaran dalamnya hanya kepada orang-orang yang selalu ramah akan membuat dia kehilangan masukan dan nasihat yang dapat membuat keputusan yang merugikan.

Seorang pejabat Tiongkok mengatakan Li hampir digulingkan, tapi bukan karena korupsi, melainkan karena masalah kesehatan.

Namun, dua orang yang terlibat dalam industri pertahanan Tiongkok mengatakan ada konsensus luas bahwa ketidakhadiran Li terkait dengan tuduhan korupsi terhadap mantan kepala pengadaan militer tersebut.

Li Li, 65 tahun, yang diangkat menjadi menteri pertahanan pada bulan Maret, adalah salah satu dari lima anggota dewan negara – pejabat senior – yang dipilih oleh Xi untuk membentuk kabinet kepemimpinan Tiongkok tahun ini.

Lee terakhir terlihat di Pada tanggal 29 Agustus, ia menyampaikan pidato utama di Forum Perdamaian dan Keamanan Tiongkok-Afrika di Beijing.

Awal bulan lalu, dia melakukan perjalanan ke Belarus dan Rusia, di Moskow dia bertemu dengan rekannya Sergei Shoigu. Ada rencana untuk menghadiri Forum Xiangshan, konferensi pertahanan dan keamanan internasional besar yang akan diadakan di Beijing bulan depan.

Langkah nyata Li ini terjadi beberapa bulan setelah Menteri Luar Negeri Tiongkok Qin Gang dan komando pasukan roket Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) membersihkan unit militer utama dari persenjataan nuklir dan rudal konvensional yang semakin meningkat di negara tersebut.

Baca Juga  Atas nama Suara Sampah, Zainal Arifin Mochtar: Saya dituduh komunis, PDIP, dan PKS.

“Ini adalah tempat yang sangat penting di Tiongkok,” kata seorang pejabat senior AS yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya karena seriusnya masalah ini.

“Lee sedang diselidiki secara serius dan mungkin akan dicopot,” kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa pembersihan pimpinan Rocket Force termasuk tuduhan korupsi. Waktu keuangan Pada hari Kamis, para pejabat AS melaporkan bahwa mereka yakin Lee sedang diselidiki.

Lee akan menjadi anggota dewan negara bagian kedua yang mengundurkan diri sebagai menteri dalam waktu tiga bulan setelah pemecatannya.

“Ini bisa menjadi lebih buruk,” kata pejabat itu, mengutip potensi pembersihan lebih lanjut.

iklan

Duta Besar AS untuk Jepang Rahm Emanuel mengumumkan pada Jumat, 15 September 2023 bahwa Lee telah dijadikan tahanan rumah. “Di luar sana mungkin sibuk,” tulisnya di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

“Seperti yang ditulis Shakespeare di Hamlet, ‘Ada sesuatu yang busuk di wilayah Denmark,'” tulis Emanuel.

Kedutaan Besar Tiongkok di Washington menolak mengomentari ketidakhadiran Li. Ketika ditanya tentang Li pada hari Jumat, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Mao Ning mengatakan: “Mereka tidak mengetahui situasi yang dimaksud.”

Beijing belum secara resmi menjelaskan ketidakhadiran Li, dan situs militer Tiongkok masih mencantumkan dia sebagai menteri pertahanan. Biasanya, ketika pejabat Tiongkok digulingkan karena korupsi atau pelanggaran disiplin lainnya, Beijing tidak menjelaskan alasannya, dan konfirmasinya bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Ketika Qin tiba-tiba menghilang dari pandangan pada bulan Juni, Kementerian Luar Negeri Beijing dengan tegas menolak berkomentar dan menghapus keberadaannya dari situs berbahasa Mandarin.

Demikian pula, ketika Xi memecat dua pemimpin pasukan roket PLA musim panas ini, satu-satunya informasi yang dirilis Beijing adalah pengumuman pengganti mereka.

Baca Juga  Hamas mengatakan Israel melakukan kekejaman dalam serangannya di rumah sakit Al Shifa.

Sejak Kongres Partai Tiongkok ke-20 Oktober lalu, Xi telah mengkonsolidasikan kekuasaan dan menunjuk pejabat senior berdasarkan kesetiaan dan kedekatan mereka dengannya.

Yun San, direktur program Tiongkok di Stimson Center, mengatakan pemecatan Li setelah pejabat lainnya akan sangat merusak reputasi dan kredibilitas Xi Jinping. Hal ini pada dasarnya menunjukkan bahwa posisi politik dalam negeri Xi Jinping patut dipertanyakan.

Pembersihan rumah ini terjadi ketika perekonomian Tiongkok sedang berjuang untuk memperbaiki diri setelah lockdown massal, kemerosotan pasar real estat, dan krisis utang yang parah selama pandemi COVID-19.

Para analis mengatakan ketidakhadirannya pada KTT G-20 pekan lalu di New Delhi kemungkinan besar disebabkan oleh masalah dalam negeri.

Pilihan Editor: Menteri Pertahanan China Absen Dua Minggu, Diplomat AS: Ditahan di Rumah?

Reuters



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *