Hari Perempuan Internasional, pentingnya penguatan peran perempuan dalam perekonomian keluarga

Uncategorized89 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – United Nations Women mengangkat tema ‘Investing in Women: Accelerating Development’ pada peringatan tersebut. Hari Perempuan Internasional Tahun 2024. Harapannya, tema ini dapat membantu memperjuangkan inklusi perempuan dan kesetaraan gender. Ketidaksetaraan gender seringkali menjadi tantangan yang dihadapi perempuan di seluruh dunia, dan Indonesia adalah salah satunya. Di tahun Laporan Kesenjangan Gender Global tahun 2023 dari Forum Ekonomi Dunia menempatkan Indonesia pada peringkat 87 dari 146 negara, dengan menyoroti empat bidang utama: partisipasi dan peluang ekonomi, peluang pendidikan, kesehatan dan kelangsungan hidup, serta pemberdayaan politik.

Dalam hal partisipasi dan peluang ekonomi, studi SIRCLO tahun 2022 menemukan bahwa 52 persen perempuan pengusaha tidak ingin bergantung pada pasangannya dalam urusan keuangan. Studi tersebut juga menemukan bahwa 40 persen pengusaha perempuan ingin memiliki pilihan dalam mengambil keputusan keuangan dalam keluarga. Hal ini disebabkan oleh keinginan mereka untuk dianggap setara. Tuntutan pemberdayaan perempuan pada tahun 2021 ini sejalan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) tempat jumlah UMKM yang dikelola. Pengusaha perempuan Jumlah ini mendominasi sebesar 64,5 persen atau 37 juta dari total.

Prita Apricianti, Kepala Konten, Komunitas, Bisnis Orami (bagian dari SIRCLO); Pemberdayaan perempuan Sebagai pengusaha perempuan, Anda harus didukung untuk mengakses partisipasi dan peluang ekonomi serta pengetahuan teknologi. “Data SIRCLO menunjukkan 22 persen perempuan pengusaha Indonesia masih menghadapi stigma negatif sebagai perempuan pengusaha. Padahal, perempuan mempunyai peran penting sebagai penopang perekonomian baik di tingkat keluarga maupun nasional,” kata Prita dalam siaran persnya, 9 Maret lalu. , 2024. .

Menghilangkan stigma, menciptakan ruang bagi perempuan yang berdaya

Kolaborasi antara sektor publik dan swasta merupakan kunci untuk mendukung pemberdayaan perempuan. SIRCLO berupaya untuk terus memberdayakan emansipasi perempuan Indonesia dengan menyediakan teknologi andal untuk meningkatkan jumlah wirausaha perempuan di ekosistem sebanyak 71 kali lipat pada tahun 2021 hingga 2022.

Baca Juga  Membintangi 2 Film Horor, Ini Alasan Reza Rahadian Terlibat dalam Penyiksaan Kuburan.

Di bawah SIRCLO, Orami (super app parenting pertama di Indonesia yang menggabungkan fitur konten, bisnis, dan komunitas) IbusiBook menawarkan program insentif ekonomi bagi para ibu di komunitas untuk menjadi ibu.

iklan

Dalam Laporan Dampak SIRCLO tahun 2023, 80 persen ibu merasakan dampak berbeda dari program eBook. Mereka mampu meningkatkan jumlah proyek kampanye dengan produk terkenal hingga 5 kali lipat. Sejalan dengan hal tersebut, 45,9 persen momfluner Ebusibook mengaku berkontribusi meningkatkan pendapatan keluarga, dibandingkan 14,2 persen yang sebelumnya tidak berkontribusi terhadap pendapatan keluarga. Pendapatan ini digunakan untuk hiburan, bantuan dan pendidikan anak-anak.

Salah satu momfluners, Ibubusi Tazkia Zahra menceritakan pengalamannya. “Sebelumnya, saya bertanya-tanya apakah ada yang bisa saya banggakan sebagai seorang ibu, terutama karena stigma terkait pekerjaan rumah dan ketergantungan suami. Hal inilah yang mendorong saya untuk mandiri secara finansial dan berkontribusi lebih banyak pada konten. Saya wujudkan melalui IbuSibus,” ujar perempuan yang sudah bergabung selama 1,5 tahun ini.

Preeta percaya bahwa kemandirian dari aspek pribadi, relasional, dan ekonomi adalah kuncinya. Inisiatif eBook berfokus pada penguatan ketajaman bisnis sebagai pembuat konten melalui pelatihan strategi pemasaran dan keterampilan pembuatan konten. “Sampai saat ini, IbusiBook telah melibatkan dan memberdayakan lebih dari 100.000 ibu dalam ekosistem yang inklusif dan membina. Kami berharap para wirausahawan perempuan di Indonesia di masa depan akan mengambil peran strategis dalam mewujudkan diri mereka sendiri, keluarga mereka, komunitas mereka dan bahkan negara mereka,” kata Pritchard.

Pilihan Editor: Di Hari Perempuan Internasional, berikut 5 kendala wanita untuk berolahraga seperti Asics.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *