Hal inilah yang menjadi ide Anis Basedan untuk melibatkan aktivis perlindungan pengungsi

Uncategorized222 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaCalon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anis Basedan mengaku akan melibatkan aktivis buruh migran untuk melindungi buruh migran Indonesia. Karena pemerintah punya kekuasaan, tapi aktivis punya pengetahuan tentang permasalahannya, ujarnya.

Jadi kami melihat aktivis buruh migran harus dilibatkan. Yang tahu celah perlindungan buruh migran, kata Anis saat debat capres 2024, Minggu malam, 4 Februari 2024.

Anius mengatakan, kapasitas pemerintah adalah melindungi para pengungsi dari titik keberangkatan hingga mencapai negara tujuan. Namun dalam perjalanannya, katanya, ada lika-liku yang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu, negara harus bekerja sama dengan aktivis buruh migran.

“Kami akan berupaya melindungi dan memastikan mereka dapat hidup dan bekerja di sana dengan damai,” kata Anius.

Sebelumnya, persoalan buruh migran menjadi pertanyaan yang dilontarkan moderator debat calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Namun, kandidat lain juga menjawab pertanyaan ini.

“Buruh migran Indonesia tersebar di banyak negara. Di sana mereka menghadapi permasalahan. Mulai dari masalah hukum, pelecehan, hingga kesehatan mental. Bagaimana strategi calon untuk menjamin keselamatan dan keamanan pekerja migran Indonesia?”

Ganjar kemudian menjawab, negara dicapai melalui semua instrumen seperti duta besar, BP2MI, Kementerian Ketenagakerjaan, dan pemerintah daerah. Ganjar menyebutkan perlunya perangkat pemerintah dan ruang pelaporan untuk melindungi pekerja migran Indonesia.

Di sisi lain, Ganjar mengatakan ada beberapa hal yang perlu dipastikan sebelum lepas landas. “Dari awal mereka keluar, kita perlu tahu legalitasnya, keterampilan apa yang dimilikinya, lalu kontrak kerjanya apa. Semuanya akan kita verifikasi,” kata Ganjar.

iklan

Sementara itu, kedutaan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto di berbagai negara ramai dikunjungi. Ia pun sependapat dengan Anis bahwa aktivis buruh migran mendukung buruh migran di luar negeri.

Baca Juga  Menteri Luar Negeri India Terlibat dalam Pembunuhan Gambar Sikh: Kami Terbuka terhadap Bukti Kanada

“Saya pernah diberitahu aktivis bahwa dua minggu lagi ada pekerja perempuan di Malaysia yang akan digantung. Kalau aktivis ini tidak ada kabar, kami tidak bisa membantu dan tidak bisa melakukan intervensi,” kata Prabowo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, memutuskan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan mengikuti pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024.

Selasa, 14 November 2023, peserta Pilpres 2024, pasangan Anis Basedan-Muhaimin Iskandar nomor rekening 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, hasil pengundian dan penentuan nomor rekening. . Seri No.3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pilihan Editor: Deretan menteri dan wakil menteri Jokowi, mulai dari Luhut hingga Bahlil, aktif mendukung Prabowo-Gibra.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *